Jumat, 30 Mei 2014

Lahilote - Cerita Rakyat Gorontalo

Kalau di Jawa ada cerita Jaka Tarub dan Nawang Wulan, maka di Sulawesi ada juga cerita yang hampir sama. Lahilote adalah tokoh "Jaka Tarub" yang ada dalam cerita rakyat dari Gorontalo. 

Lahilote adalah seorang pemuda yang senang berburu ke hutan. Selain pintar berburu, ia juga sakti. Pada suatu hari, ketika Lahilote melewati sebuah kolam ditengah hutan, ia melihat ada tujuh bidadari sedang mandi. Ia kemudian mengubah dirinya menjadi seekor ayam hutan. 

Ayam hutan jelmaan Lahilote itu berjalan mendekati onggokan sayap para bidadari. Lahilote berhasil mengambil sebuah sayap, kemudian ia menghilang. Tak lama kemudian para bidadari itu keluar dari dalam kolam dan bersiap-siap untuk pergi ke kahyangan. 

Ada satu bidadari yang tidak bisa pergi karena sayapnya hilang. Tiba-tiba Lahilote datang dan menjadi pahlawan. Ia mengajak bidadari itu ke rumahnya. Tak lama kemudian keduanya menikah. 

Lahilote tetap pergi berburu ke hutan, sementara itu istrinya bertugas memasak makanan di rumah. Selama beberpa bulan Lahilote heran karena lumbung padinya masih penuh, seakan istrinya tidak pernah mengambil padi. Padahal setiap hari mereka berdua makan nasi dalam jumlah yang cukup banyak. 

Hingga pada suatu hari, Lahilote mengintip istrinya yang sedang masak. Saat itulah Lahilote tahu bahwa istrinya hanya cukup memasak satu butir padi untuk menghasilkan nasi yang bisa dimakan oleh mereka berdua selama sehari. 

Karena ada yang mengetahui rahasia tersebut, maka kesaktian bidadari itu menjadi hilang. Istri Lahilote tidak bisa lagi memasak hanya dengan satu butir padi. Sejak saat itu, istri Lahilote harus menumbuk padi dalam jumlah banyak untuk makan mereka berdua. Hingga akhirnya padi di dalam lumbung menjadi sedikit. 

Tanpa diduga, istri Lahilote menemukan sayap bidadari miliknya dibawah tumpukan padi. Dengan hati gembira, istri Lahilote memakai sayap bidadari miliknya dan langsung terbang menuju kahyangan. Tinggallah Lahilote sendiri dengan segala penyesalannya.

0 komentar:

Posting Komentar