Jumat, 30 Mei 2014

Legenda Si Batu - Cerita Rakyat Banten

Ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang Raja yang kejam. Raja menetapkan pajak dalam jumlah yang sangat banyak, sehingga sangat memberatkan rakyatnya. Uang pajak yang terkumpul, digunakan Raja untuk berpesta dan berfoya-foya. 

Perilaku Permaisuri juga sama. Ia senang berpesta dan membeli perhiasan mahal dengan uang hasil pajak. Sementara kehidupan rakyat di kerajaan itu sangat miskin. 

Pada suatu hari Raja dan Permaisuri mengadakan sebuah pesta. Dalam pesta itu diundang semua pejabat kerajaan dan orang-orang kaya di negeri itu. Pesta itu berlangsung sangat meriah dengan makanan yang berlimpah. 

Ketika pesta sedang berlangsung, tiba-tiba datang seorang laki-laki tua yang sangat kumal. Tentu saja Raja dan Permaisuri mengusir laki-laki tua itu dari dalam pesta. Pengawal istana diperintahkan untuk memaksa laki-laki tua itu keluar. 

Ketika para pengawal istana menyeret laki-laki tua keluar, laki-laki tua itu berteriak. “Kalian semua memang orang-orang yang berhati batu. Kalian tidak pantas hidup dimuka bumi ini. ” 

Tiba-tiba langit menjadi gelap dan suara petir menggelegar. Sebuah keajaiban terjadi. Ketika langit menjadi terang kembali, orang-orang yang berada di tempat itu semua telah berubah menjadi batu. Hingga kini tempat tersebut dikenal dengan nama “Si Batu”.

0 komentar:

Posting Komentar