Senin, 26 Mei 2014

Putri Purbasari - Cerita Rakyat Jawa Barat

Putri Purbasari mempunyai seorang saudara tiri bernama Putri Purbalarang. Ketika Raja menjadikan Purbasari sebagai Ratu, Purbalarang merasa iri. Maka ia meminta seorang dukun sakti untuk menyihir Putri Purbasari. Oleh dukun sakti itu, Putri Purbasari dibuat menjadi sakit. Seluruh badannya penuh dengan penyakit yang menjijikkan. 

Raja kemudian membuang Putri Purbasari ke hutan. Di sana Putri Purbasari ditemani oleh seekor monyet yang bernama Lutung Kasarung. Setiap hari Lutung Kasarung membawa buah bagi Putri Purbasari. Hingga pada suatu hari, Lutung Kasarung membuat sebuah kolam besar untuk mandi Putri Purbasari. 

Sebuah keajaiban terjadi, penyakit Putri Purbasari hilang. Putri Purbasari kembali menjadi cantik. Mendengar kabar ini, Putri Purbalarang sangat marah. Ia pergi ke hutan dan menantang Putri Purbasari. 

“Kalau kau ingin menjadi ratu, maka kau harus mempunyai suami yang tampan.” Kata Putri Purbalarang dengan sombong. Saat itu juga, Lutung Kasarung yang selalu berada di samping Putri Purbasari menjelma menjadi seorang pangeran yang tampan. Ternyata Lutung Kasarung adalah Putra Dewa yang turun dari kahyangan ke bumi. Putri Purbasari dan jelmaan Lutung Kasarung kembali ke istana. Mereka berdua menikah kemudian menjadi raja dan ratu.

0 komentar:

Posting Komentar