Sabtu, 31 Mei 2014

Saweri Gading - Cerita Rakyat Sulawesi Barat

Sawerigading dilahirkan kembar sepasang, saudara kembarnya adalah seorang perempuan. Tapi sejak kecil saudara kembarnya selalu disembunyikan. Ketika dewasa, Sawerigading bertemu dengan saudara kembarnya secara tidak sengaja. Melihat kecantikan saudara kembarnya itu, Sawerigading ingin menjadikannya sebagai istri. 

Tentu saja hal tersebut tidak diijinkan oleh orang tua Sawerigading. Maka Sawerigading dikirim ke negeri Cina, untuk meminang putri Raja Cina yang masih saudara sepupunya sendiri. Saat itu Saweri Gading sangat kecewa kepada orang tuanya dan berjanji untuk tidak kembali lagi ke Sulawesi. 

Setelah sampai di Cina, Sawerigading menikah dengan Putri Raja Cina. Setelah beberapa bulan, Putri Raja Cina mengajak Sawerigading untuk berkunjung ke Sulawesi. Awalnya Sawerigading menolak, karena ia sudah berjanji untuk tidak kembali. Tapi istrinya kemudian berhasil membujuknya. 

Bersama dengan pengawal kerajaan yang jumlahnya cukup banyak, Sawerigading kembali ke Sulawesi dengan menaiki kapal yang megah. Ketika sampai di Sulawesi, saat itu sedang berkembang ajaran islam. Banyak pejabat kerajaan di Sulawesi yang mengikuti ajaran islam. 

Karena tidak mau mengikuti ajaran agama islam, Sawerigading dan istrinya pergi meninggalkan Sulawesi. Hingga kini tidak ada yang mengetahui dimana Sawerigadng dan istrinya berada.

0 komentar:

Posting Komentar