Sabtu, 21 Juni 2014

Benda-benda Paling Besar

Al-Qur’an paling besar 
Al-Qur’an paling besar ini mempunyai panjang 2 m dan lebar 2,8 m. Terbuat dari pelepah pisang, ditulis dengan tangan dan berisi 30 Juz, 6.666 ayat dan 114 surat. Al-Qur’an ini sekarang berada di Pondok Pesantren Al-Shrihyyah Nurul Iman Bogor, tapi sebenarnya Al-Qur’an ini merupakan hibah dari Moro, Filiphina. 

Buku paling besar 
Buku ini berisi gambar-gambar tentang Himalaya dengan jumlah halaman 112. Ukuran buku ini adalah 5 x 7 kaki dengan berat 133 pon. Sesuai dengan isinya, buku ini berjudul Bhutan: A Visual Odyssey Across The Last Himalayan Kingdom. Buku ini ditulis oleh Michael Hawley dari MIT Media Laboratory. 

Jam paling besar 
Jam Mekah yang di pasang di atas gedung pencakar langit setinggi 600 meter merupakan jam paling besar di dunia. Diameter jam ini sekitar 40 m dengan luas 43m³. Jam ini mempunyai empat sisi yang dihiasi 98 juta mosaik kaca. Setiap sisinya terdapat tulisan “Allahu Akbar” dalam tulisan arab. Jam ini dibuat dengan biaya sebesar US $ 800 juta atau mencapai Rp 7, 167 Trilyun. 

Lift paling besar 
Lift ini berada di gedung Umeda Hankyu yang berada di kompleks perkantoran Osaka Jepang. Lift ini berukuran 3,4 m x 2,8 m x 2,6 m dengan daya tamping sebanyak 80 orang. Di dalam gedung ini terdapat 5 lift dengan ukuran yang sama. 

Kursi paling besar 
Kalau melihat sekilas, kita pasti akan mengira ini adalah sebuah kursi raksasa. Padahal sebenarnya ini merupakan sebuah bangunan berbentuk kursi raksasa yang bernama Oyes. Bangunan ini terletak di kota Cape Town Afrika Selatan. 

Karpet paling besar 
Karpet yang berukuran 5.625 m² ini bernama Qasr al- Alam (istana dunia). Didesign oleh Ali Khaliqi, seorang seniman Iran dan diwujudkan oleh 1.200 penenun yang berasal dari 3 desa selama 18 bulan. Pembuatan karpet ini membutuhkan 38 ton wol dan bahan katun. 

Gelembung sabun paling besar 
Setelah melakukan penelitian selama 20 tahun, Sam Heath berhasil menemukan bahan yang bisa menghasilkan gelembung sabun paling besar di dunia. Gelembung sabun ini volumenya mencapai 105 kaki³ dengan rentang 20 x 5 x 5 kaki. Gelembung ini dibuat dengan bantuan seutas tali yang direntangkan pada dua buah tongkat. Karena penemuannya ini Sam Heath dijuluki sebagai Bubbleman atau manusia gelembung.

0 komentar:

Posting Komentar