Kamis, 19 Juni 2014

Benda-benda Paling Kecil

Al-Qur’an paling kecil
Ada dua buah Al-Qur’an paling kecil di dunia. Yang satu di tulis dengan tangan menggunakan tinta emas, Al-Qur’an ini berukuran 2,4 x 1,9 cm. Yang satunya lagi adalah Al-Qur’an yang dicetak dengan bantuan mesin dengan ukuran 1,7 x 1,28 cm. Orang yang membuat kedua Al-Qur’an ini adalah Muhammad Karim Beebani, seorang penulis kaligrafi dari Pakistan.

Buku paling kecil 
Karena ukurannya sangat kecil, maka untuk membacanya perlu alat pembesar yang khusus. Buku ini berukuran 0,07 mm x 0,1 mm yang terdiri dari 30 mikrotablet. Buku yang dibuat oleh Nano Imaging Laboratory di Universitas Simon Fraser pada tahun 2007 ini berjudul Teeny Ted from Turnip Town. 

Peta paling kecil 
Peta ini dibuat dengan menggunakan teknik mikroskopis dalam skala nanometer. Peta 3D ini di ukir dengan sebuah alat ukir yang sangat tajam sepanjang 500 nanometer. Besar peta ini tidak lebih dari sebutir garam, tapi di dalamnya memuat peta seluruh Negara di dunia. Peta ini dibuat oleh Dr. Armin Knoll dari IBM Research, Zurich, Swiss. 

Pensil paling kecil 
Untuk bisa menggunakan pensil ini harus dengan bantuan pinset karena ukurannya sangat kecil yaitu panjang 17,5 mm, tebal 5 mm dan diameter 0,3 mm. Bahan pembuatan pensil ini adalah kayu cemara yang diambil dari Amerika Utara. Pensil ini diproduksi oleh Faber Castell sebanyak 50 buah untuk seluruh dunia. 

Laptop paling kecil 
Laptop ini berukuran 158 x 94,1 x 18,6 mm dengan berat 315 gram. Walaupun kecil tapi laptop paling kecil di dunia ini mempunyai fitur yang bagus dengan layar sebesar 4,8 inchi dan memiliki resolusi 1.024 x 600 pixel. Laptop ini bisa dipakai dengan menggunakan keyboard maupun stylus dengan baterai yang bisa bertahan hingga 6 jam. 

Handphone paling kecilIni adalah handphone jenis Nokia 0.3710 yang dikeluarkan pada tahun 2003. Berat handphone ini 9 gram dengan ukuran sebesar uang koin. Baterai pada handphone ini hanya bisa bertahan selama 15 menit.

0 komentar:

Posting Komentar