Sabtu, 14 Juni 2014

Benda-Benda Paling Tua

Pensil paling tua 
Pensil ini diproduksi oleh Faber Castell pada tahun 1761. Bahan pembuatan pensil ini adalah kayu lime dan direkatkan dengan grafit murni. 

Kamera paling tua 
Kamera ini harganya mencapai Rp 9 milyar dan diproduksi pertama kali pada tahun 1839 oleh Alphonse Giroux. Hingga kini kamera yang berbentuk kotak kayu geser itu dikenal dengan nama Daguerreotype. 

Bohlam paling tua 
Bohlam ini bernama The Centennial Light yang dibuat pada tahun 1901 dan masih hidup hingga sekarang. Ajaibnya bohlam ini selalu menyala selama 24 jam non stop setiap hari selama 109 tahun, padahal bohlam pada umumnya hanya bisa bertahan menyala selama 750-1000 jam. Daya bohlam ini hanya 4 watt yang dibuat oleh Shelby Electric Company. Sejak di pakai pertama kali hingga sekarang bohlam ini di pasang di kantor pemadam kebakaran Fire Station 6 di Livermore California Utara. 

Sepatu paling tua 
Sepatu ini diperkirakan telah dipakai sejak 3.500 SM atau sekitar 5.500 tahun yang lalu. Ditemukan di sebuah gua di Armenia, Turki pada tahun 2008 oleh seorang mahasiswa program doctor di Institut Arkeologi Armenia bernama Diana Zardaryan. Sepatu ini dibuat dari kulit sapi dengan ukuran panjang 24,5 cm dan lebar 7,6-10 cm. 

Tato paling tua 
Tradisi membuat tato sudah ada sejak orang Mentawai yang tinggal di pantai barat Sumatra tepatnya pada tahun 1.500-500 SM. Di sini tato dikenal dengan nama “Titi”. Semua anak laki-laki di sini yang sudah berumur 11-12 akan di tato sebagai identitas dan tanda perbedaan status sosial. Bahan yang digunakan adalah campuran arang batok kelapa dan daun pisang yang disuntikkan di kulit memakai sebuah alat yang terbuat dari tulang binatang.

0 komentar:

Posting Komentar