Senin, 09 Juni 2014

BInatang Laut Unik

Penghuni bawah laut ternyata tidak cuma ikan. Masih ada banyak binatang laut lainnya seperti naga laut, gurita dan lain sebagianya. Ada juga binatang unik yang hidup di bawah laut seperti Naga laut berdaun, ikan purba Hagfish, Ikan cumi Blobfish, Hachetfish si penghail cahaya juga gurita bermantel. 

Naga laut berdaun 
Bentuknya memang mirip naga, tapi ia mempunyai sirip dan tubuh yang transparan sedangkan sekeliling tubuhnya dikelilingi oleh ranting-ranting rumput yang mengapung. Bentuk fisiknya yang demikian itu adalah untuk melindungi diri dari musuh yang akan memangsa dirinya. Naga laut ini hidup di pantai selatan dan pantai barat Australia. 

Hagfish
Ini adalah ikan prasejarah yang masih hidup hingga sekarang. Ikan ini telah ada lebih dari 300 juta tahun yang lalu. Namanya Hagfish, bentuknya mirip Belut, tapi ikan ini memiliki tengkorak, hanya saja ia tidak mempunyai tulang belakang. Makanannya adalah bangkai binatang. 

Blobfish 
Ikan ini berwarna putih, bentuknya mirip dengan cumi-cumi bulat. Banyak dijumpai di perairan Tasmania dan Australia. Badannya lebih ringan dari air laut sehingga ia tidak perlu mengeluarkan banyak energi ketika berenang. 

Hatchetfish 
Ikan ini senang di dalam laut yang gelap. Uniknya, sisi-sisi tubuhnya dipenuhi oleh organ penghasil cahaya yang berguna untuk menangkap mangsa. 

Gurita mantel 
Keunikan gurita ini adalah pada lengan-lengannya yang bisa membesar mirip mantel. Lengan-lengan ini adalah alat untuk melindungi diri dari musuh yang menyerang. Berat gurita mantel betina adalah 40.000 kali dari berat gurita jantan. Panjang gurita betina bisa mencapai 2 m, sedangkn gurita jantan hanya 2,4 cm.

0 komentar:

Posting Komentar