Senin, 02 Juni 2014

Bujang Beji - Cerita Rakyat Kalimantan Barat

Bujang Beji adalah anak Dewa, sifatnya yang buruk membuat dirinya diusir dari kahyangan. Ia suka iri pada siapa saja, Bujang Beji tidak senang ada orang lain meraih keberhasilan. Di bumi, Bujang Beji menjelma menjadi seorang pemuda yang gagah perkasa. 

Di dekat rumah Bujang Beji ada seorang yang baik hati bernama Tumenggung Murubai. Setiap hari Tumenggung Murubai pergi ke sungai Melawi dengan membawa bubu untuk menangkap ikan. Pulangnya, Tumenggung Murubai selalu membawa banyak ikan. Hal ini membuat Bujang Beji iri hati. 

Pada suatu hari Bujang Beji berniat membendung sungai Melawi agar tidak ada lagi ikan yang masuk ke dalam bubu Tumenggung Murubai. Untuk itu, Bujang Beji mencabut Gunung Kelam. Dengan kesaktiannya, Bujang Beji membawa terbang Gunung Kelam. Melihat hal ini para bidadari tertawa. 

Bujang Beji marah karena ditertawakan oleh bidadari sehingga Gunung Kelam jatuh di tengah jalan. Dengan kesaktiannya, Bujang Beji menanam pohon Kupang Mambu. Dalam waktu sekejab pohon itu langsung menjadi tinggi hingga mencapai langit. 

Bujang Beji memanjat pohon Kupang Mambu untuk menangkap para Bidadari yang mentertawakannya. Ia ingin membalas dendam kepada bidadari-bidadari itu. Ketika akan mencapai langit, pohon Kupang Mambu tumbang karena dibawahnya dimakan rayap. Tubuh Bujang Beji meluncur dengan cepat ke bumi, kemudian masuk ke dalam tanah.

0 komentar:

Posting Komentar