Senin, 30 Juni 2014

HIkayat Bulan Maret

Cerita Dari Bulgaria 

Baba Marta adalah penguasa bulan Maret. Ia mempunyai kakak bernama Sechko Kecil yang menjadi penguasa bulan Pebruari. Jaman dulu, bulan Pebruari mempunyai hari sebanyak 31 hari dan bulan Maret mempunyai jumlah hari 28. Biasanya musim semi datang pada bulan Maret. Di saat inilah para gembala akan membawa domba-domba mereka ke padang rumput di atas bukit supaya bisa makan dengan kenyang. 

Pada suatu ketika, musim semi datang pada awal bulan Pebruari. Ini berarti musim semi datang pada bulan yang dikuasai oleh Sechko Kecil. Padahal selama ini yang menjadi penguasa musim semi sekaligus menjadi penguasa padang rumput adalah Baba Marta. 

Para gembala domba menjadi bingung. Mereka tidak tahu kepada siapa harus meminta ijin agar bisa memasuki padang rumput. Semua gembala juga tahu bahwa Baba Marta adalah seorang yang sulit ditebak. 

“Apakah kami bisa membawa domba kami ke padang rumput, Sechko kecil.” Tanya salah seorang gembala. 

“Aku memang penguasa bulan Pebruari, tapi aku juga tidak mau bertengkar dengan adikku karena padang rumput itu adalah kekuasaannya sejak dulu. Lebih baik kalian menunggu sampai bulan Maret tiba.” Jawab Sechko kecil. 

“Tapi sayang sekali kalau kami melewatkan musim semi sampai sebulan.” Kata gembala yang lain. 

Tapi para gembala itu tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka hanya bisa menunggu sebulan lagi untuk dapat membawa domba mereka ke padang rumput. 

Diantara para gembala itu ada seorang nenek, ia diam-diam membawa dombanya ke padang rumput tanpa meminta ijin pada Baba Marta. 

“Ini masih bulan Pebruari, jadi Baba Marta tidak berkuasa di bulan ini.” Kata nenek gembala sambil berjalan menggiring dombanya ke padang rumput. 

Tanpa sepengetahuan nenek gembala, Baba Marta mendengar ucapannya. Baba Marta marah dan mendatangi kakaknya, Sechko Kecil si penguasa bulan Pebruari. 

“Aku ke sini untuk meminjam tiga hari milkmu agar aku bisa memberi pelajaran kepada nenek gembala yang tidak patuh.” 

Dengan tiga hari pemberian kakaknya, Baba Marta kemudian meniupkan angin kencang ke arah padang rumput. Angin itu membuat semua domba yang ada di sana mati termasuk nenek gembala. 

Sejak saat itu bulan Pebruari hanya mempunyai 28 hari dan bulan Maret mempunyai hari sebanyak 31 hari. 

Pesan : Patuhilah peraturan yang ada karena jika kalian melanggar peraturan pasti akan mendapat hukuman baik secara langsung maupun tidak langsung.

0 komentar:

Posting Komentar