Minggu, 08 Juni 2014

Hyena Si Penghasut

Dongeng Afrika Selatan 


Sudah lama Hyena bermusuhan dengan Serigala. Hyena merasa iri karena Singa si raja hutan lebih dekat dengan Serigala. Hyena selalu mencari cara untuk menjauhkan Serigala dengan Singa, agar setelah Serigala pergi ia bisa menjadi binatang yang paling dekat dengan Singa si raja hutan. Kalau sudah begitu, pasti seluruh binatang di hutan akan takut kepadanya. 

Pada suatu ketika, Singa si Raja hutan jatuh sakit. 

“Ini adalah kesempatanku untuk menynigkirkan Serigala,” pikir Hyena. 

Maka Hyena segera pergi menemui Serigala, “Singa si raja hutan sedang sakit.” 

“Kalau begitu aku harus mencarikan obat untuknya.” Kata Serigala yang sangat peduli pada kesehatan dan keselamatan raja hutan. Maka tidak heran kalau Singa si raja hutan lebih sayang dengan serigala dari pada dengan Hyena. 

“Benar sekali Serigala. Kau adalah binatang yang paling berani. Aku dengar di puncak gunung ada tabib sakti yang pasti bisa mengobati Singa.” Hyena tahu bahwa perjalanan ke puncak gunung sangat berbahaya. Ia berharap Serigala akan celaka dan mati dalam perjalanan ke sana sehingga tidak akan pernah kembali lagi. 

Demi kesembuhan Singa, Serigala kemudian berlari menuju puncak gunung. Ia tidak peduli pada perjalanan yang bisa membahayakan dirinya. Sementara itu Hyena kembali ke tempat Singa. Di sana sudah berkumpul binatang yang ada di hutan, mereka datang untuk menjenguk raja mereka yang sedang sakit. 

Singa si raja hutan heran karena Serigala belum menengok dirinya. Ia kemudian bertanya kepada Hyena. 

“Kemana Serigala? Mengapa ia tidak ada di sini ketika aku sakit?” 

Hyena yang jahat malah membuat cerita bohong tentang Serigala,”tadi serigala bilang padaku akan pergi berlibur.” 

"Keterlaluan Serigala. Aku sakit, dia malah berlibur.” Singa si raja hutan menjadi marah mendengar jawaban Hyena. 

“Kalau begitu, aku perintahkan kau membawa pasukan untuk menangkap Serigala.” Perintah Singa. 

Hyena merasa senang karena siasatnya berhasil. Ia bersama sepasukan binatang pengawal raja hutan kemudian berlari mengejar serigala. Di tengah jalan menuju puncak gunung Hyena berhasil menangkap Serigala dan membawanya kehadapan raja hutan. Hyena berharap Serigala akan diberikan hukuman mati oleh Singa si raja hutan. 

“Mengapa kau pergi berlibur Serigala padahal kau tahu aku sedang sakit?” tanya Singa ketika Serigala sudah berada di hadapannya. 

Serigala tahu bahwa Hyena yang jahat telah menghasut Singa dan mengatakan hal buruktentang dirinya. Namun Serigala ternyata binatang yang pintar, sehingga ia pun berusaha memperbaiki namanya di hadapan Singa si raja hutan. 

“Hamba tahu bahwa tuanku sedang sakit, jadi hamba pergi ke puncak gunung untuk bertemu tabib di sana, bukan berlibur seperti yang tuanku kira. Ternyata tabib itu juga telah mengetahui penyakit tuanku raja hutan. Beliau berpesan bahwa obat yang mujarab bagi penyakit tuanku adalah daging Hyena.” 

Singa yang lebih mempercayai Serigala, tanpa menunggu lama lagi, Singa langsung menyergap Hyena dan memangsanya hingga habis. Hyena yang jahat akhirnya mati karena perbuatannya sendiri.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar