Minggu, 15 Juni 2014

Kambing Pemberani

Dongeng Rusia 


Induk kambing tinggal bersama dengan kelima anaknya. Mereka mempunyai sebuah rumah kecil di pinggir hutan. Anak-anak kambing masih sangat kecil, mereka masih minum susu. Setiap hari induk kambing selalu pergi ke padang rumput untuk makan rumput sebanyak-banyaknya, agar anak-anaknya bisa meminum susunya dengan kenyang. 

Induk kambing tahu bahwa meninggalkan anak-anaknya di rumah sangat berbahaya. Ada serigala jahat yang selalu mengintai anak-anaknya. Tapi induk kambing yang pintar mempunyai cara untuk membuat anak-anaknya tidak mudah ditipu oleh serigala. 

"Jangan pernah membukakan pintu untuk orang lain. Kalau ibu datang pasti akan bilang “ibu pulang membawa susu.” Begitu kata induk kambing memberitahukan kata sandi yang ia gunakan. 

Pada suatu pagi induk kambing pergi ke padang rumput. 

“Kuncilah pintu rumah, nak. Ingat! Jangan membukakan pintu untuk siapapun kecuali ibu.” Pesan induk kambing sebelum pergi. 

Tanpa mereka ketahui serigala yang jahat telah mengintip rumah induk kambing sejak tadi. Serigala itu juga mendengar pembicaraan induk kambing dengan anak-anaknya. Melihat kelima anak kambing yang masih kecil-kecil, serigala jahat sangat ingin untuk memakannya. Maka setelah induk kambing pergi meninggalkan rumah dan sudah tidak terlihat lagi di jalan, serigala langsung menuju rumah induk kambing. 

“Ibu pulang membawa susu,” kata serigala menirukan suara induk kambing. 

Anak-anak kambing langsung membukakan pintu. Dengan cepat Serigala mengambil keempat anak kambing dan membawanya pergi. Anak kambing kelima tidak ikut terbawa karena bersembunyi di bawah meja. 

Ketika induk kambing datang, anak kambing kelima melaporkan kejadian itu kepada ibunya. Tentu saja induk kambing menjadi sedih. Tapi ia adalah induk kambing yang pemberani. 

“Aku harus menyelamatkan anak-anakku.” Kata induk kambing dalam hati. 

Bersama dengan seekor anaknya yang masih tersisa, induk kambing pergi ke tempat serigala. Di sana ia melihat serigala sedang tertidur pulas, sementara keempat anak-anak kambing terikat pada sebatang pohon. Rupanya serigala itu akan menjadikan anak-anak kambing ini makan malamnya. 

Induk kambing dengan berani mendekati Serigala. Setelah sangat dekat, ia langsung berteriak keras di telinga serigala ,“Ada kebakarannnnn.” 

Tentu saja serigala kaget. Ia terbangun dan langsung lari dengan cepat meninggalkan tempat itu. Induk kambing dan seekor anaknya menyelamatkan keempat anak kambing yang terikat di pohon.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar