Senin, 09 Juni 2014

Kambing Yang Bijaksana

Dongeng Kanada 

Sekelompok kambing tinggal di sebuah lembah yang subur. Tempat itu dipilih karena di sana banyak sekali rumput hijau, sehingga kambing-kambing yang tinggal di tempat itu bisa makan kenyang setiap hari dan tidak akan kelaparan. 

Pada suatu hari datang seekor serigala ke tempat itu. Pertama-tama serigala hanya mengawasi kambing-kambing itu makan. Lama-kelamaan rasa lapar datang. Dengan sekali gerakan, serigala itu dapat dengan mudah menyergap seekor kambing dan memakannya dalam waktu yang singkat. Serigala pulang ke rumahnya dalam keadaan sangat kenyang. 

Melihat kedatangan serigala, kambing-kambing yang sedang makan rumput itu berlari ketakutan. Salah satu dari mereka mendatangi seekor kambing tua yang bijaksana. 

“Ada seekor serigala yang sudah mengetahui tempat tinggal kita.” Lapor salah satu kambing 

“Kami tahu kau adalah kambing paling tua dan bijaksana diantara semua kambing yang ada di tempat ini. Jadi selamatkan kami semua dari bahaya. KAmi tidak akan tenang makan rumput, kami takut kalau sewaktu-waktu serigala itu datang lagi dan memakan salah satu diantara kami.” Sambung yang lainnya. 

Kambing tua yang bijaksana itu berpikir sejenak, kemudian dia berkata, “baiklah kalau begitu. AKu tahu apa yang harus aku lakuakan sekarang. Serigala itu sekarang pasti sedah kenyang, empat atau lima hari lagi barulah dia lapar dan datang kembali untuk mencari makanan di sini. Jadi kita akan memanfaatkan waktu yang singkat itu dengan sebaik-baiknya.” 

Kambing tua itu kemudian pergi ke tebing yangmenjulang tinggi di padang rumput. Dengan susah payah, kambing tua itu memanjat tebing. Di atas tebing itu, banyak ditumbuhi lumut. Ia pun mencoba memakan lumut itu, walaupun rasanya tidak seenak rumput, tapi lumut itu bisa membuatnya kenyang. 

Kemudian ia berteriak dari atas tebing, “Hai…… lihat lah ke atas. Sekarang aku berada di tempat yang aman. Serigala tidak bisa memanjat tebing itu, tapi aku bisa dan aku yakin kalian semua pasti bisa. Jadi, siapapun yang ingin selamat dari serangan serigala, pindahlah kemari.” 

Sekelompok kambing yang sedang makan rumput mendongakkan kepalanya ke atas. Salah satu diantara mereka bertanya, “apakah di atas sana juga ada rumput yang enak dan banyak seperti di sini?” 

“Di sini hanya ada lumut, rasanya memang tidak seenak rumput, tapi lumut bisa membuat kita kenyang. Sekarang pilihannya adalah maka rumput yang enak tapi jiwa kalian terancam atau makan lumut tapi kalian selamat dari incaran serigala?” jawab kambing tua dengan bijaksana. 

Satu persatu dari kambing-kambing itu kemudian mencoba memanjat tebing. Walaupun sulit, tapi mereka berusaha dengan sekuat tenaga. Lebih baik berusaha keras dari pada mati sia-sia dimakan oleh serigala. Akhirnya seluruh kambing itu pindah ke atas tebing. 

Ketika datang kembali, serigala sudah tidak melihat satu ekor kambing pun di padang rumput. Ketika kepalanya melihat ke atas tebing, barulah ia tahu bahwa sekelompok kambing itu telah berpindah ke atas tebing. Serigala sudah tidak punya harapan lagi untuk makan kambing, karena tidak mungkin baginya untuk bisa memanjat tebing yang tinggi itu.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar