Rabu, 11 Juni 2014

Katak-katak Unik

Bagi yang tinggal di kota-kota besar mungkin sudah jarang melihat katak atau kodok. Binatang ini memang menyukai hidup di daerah berair seperti rawa atau sawah. Ukuran katak ini beragam, begitu juga dengan warna kulitnya. Katak terkecil di dunia bisa kita jumpai di hutan Kalimantan. Selain itu ada juga lho katak yang transparan sehingga kita bisa melihat bagian dalam perutnya. 

Katak paling kecil 
Ukuran katak ini kurang dari 1,5 cm dan besarnya hanya seukuran kacang polong. Katak ini hidup di hutan Kalimantan tepatnya di dalam Taman Nasional Kubah, biasanya ia berada di sekitar tanaman kantung semar ( Nephentes ampullari). Karena ukurannya yang kecil inilah katak ini diberi nama microhylid. 

Katak paling besar 
Katak raksasa ini hidup di Afrika Barat. Beratnya bisa mencapai 3 kg dengan pajang tubuhnya sekitar 13 inchi sampai dengan 33 cm. Katak ini terkenal dengan nama Goliath. Ia bisa hidup hingga 15 tahun dengan makanan utamanya adalah kalajengking, serangga juga katak kecil. 

Katak gelas 
Sesuai dengan namanya, katak ini mempunyai kulit yang tembus pandang, sehingga seluruh isi perutnya bisa dilihat dari tubuh bagian bawah. Kita bisa melihat katak ini di hutan tropis Amerika.

0 komentar:

Posting Komentar