Jumat, 13 Juni 2014

Kucing Kehilangan Ekornya

Dongeng Dari Irak 

Kucing merasa kelelahan setelah sepanjang hari bermain, kemudian beristirahat di bawah pohon rindang. Dari kejauhan ia melihat seorang perempuan tua sedang meletakkan semangkuk susu di depan pintu rumahnya. Kucing itu mengira wanita tua tersebut sengaja membuang susu, maka ia pun berlari menghampiri mangkuk itu serta langsung meminum susu yang ada di dalamnya. Baru beberapa teguk, wanita itu keluar dan langsung marah. 

“Apa yang kau lakukan dengan susuku.” Wanita itu mengayunkan tangannya ingin memukul kucing, tapi dengan gesit kucing menghindar sehingga hanya ekornya yang tertangkap. Karena kesal, wanita itu mematahkan ekor kucing dan mengambilnya. 

“Kembalikan ekorku.” Pinta kucing dengan sedih. 

“Akan kukembalikan kalau kau juga mengembalikan susuku.” 

Kucing pergi ke tempat sapi untuk meminta susu, namun sapi hanya akan memberikan susu kalau kucing memberinya jerami. Kucing kemudian meminta jerami pada Petani. 

“Berikan aku jerami untuk aku berikan kepada sapi, agar ia mau memberikan susunya padaku. Susu itu akan aku serahkan pada wanita tua agar ekorku bisa kembali.” Pinta kucing pada Petani. 

“Aku tidak akan memberikan jerami ini dengan gratis. Kau bisa mendapatkan jeramiku setelah memberiku roti.” Kata petani. 

Kucing menemui tukang roti, “berikan aku sepotong roti.” 

“Untuk apa?” tanya tukang roti. Ia heran baru kali ini ada kucing meminta roti padanya, biasanya kucing selalu mencuri ikan yang ada di meja makan. 

“Akan aku berikan pada Petani, supaya ia mau memberiku jerami. Jerami itu nantinya akan aku serahkan pada sapi agar ia mau memberiku susu dan susu itu akan aku berikan kepada wanita tua agar ia mau mengembalikan ekorku.” Kucing itu bercerita dengan sedih. 

Melihat kesedihan kucing, tukang roti itu merasa kasihan, maka Ia pun memberikan sepotong roti yang cukup besar. 

“Aku berikan kau sepotong roti besar, tapi kau harus berjanji padaku untuk tidak pernah lagi mencuri ikan dari meja makan.” Kata si tukang roti . 

Kucing menerima roti itu dengan senang hati. Ia kemudian berlari ketempat petani dan di sana ia mendapatkan jerami. Kucing memberikan jerami itu untuk sapi, dan sapi menukarnya dengan susu untuk diberikan kepada wanita tua. Kucing itu akhirnya mendapatkan ekornya kembali.

PESAN 
Berusahalah dengan sekuat tenaga untuk memperbaiki sebuah kesalahan yang pernah kita lakukan, agar kita selalu dikenal sebagai anak yang baik.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar