Rabu, 04 Juni 2014

Laba-laba Yang Cerdik

Dongeng Nigeria 

Ibu Hyena selalu pergi sejak pagi untuk mencari makanan bagi anak-anaknya. Jika sudah mendapat makanan, Ibu Hyena akan pulang dan menyerahkan makanan tersebut kepada anak-anaknya. Kemudian Ibu Hyena akan pergi untuk mencari makanan lagi, begitu seterusnya hingga malam hari . 

Di hutan itu ada seekor Laba-laba yang cerdik namun malas, namanya Anansis. Kecerdikannya selalu ia gunakan untuk menipu binatang lain demi kepentingannya sendiri. Kali ini Anansis pergi ke rumah Ibu Hyena. Saat itu ibu Hyena sedang tidak ada di rumah. 

“Kamu siapa?” tanya anak-anak Hyena. 

“Aku Anansis, paman kalian.” 

“Tapi Ibuku tidak pernah bercerita tentang paman Anansis.” 

“Mungkin Ibumu lupa. Biarkan aku masuk.” Anansis mencoba meyakinkan anak-anak Hyena. 

Akhirnya anak-anak Hyena mengijinkan Anansis untuk masuk. Setelah di dalam rumah, Anansis langsung membuat jala di sudut dinding. 

“Aku akan tidur di sini. Nanti kalau ibu kalian datang membawa makanan, beritahukan padaku.” 

Anansis kemudian tidur, sementara anak-anak Hyena menunggu ibu mereka datang. Ketika Ibu Hyena datang, ia sangat terburu-buru sehingga setelah meletakkan makanan di meja, Ibu Hyena langsung pergi. Anak-anak Ibu Hyena tidak sempat memberitahukan kedatangan paman Anansis. 

“Bangun paman, Ibu Hyena sudah datang membawa makanan.” Kata anak-anak Hyena membangunkan Anansis yang tertidur pulas. 

Anansis terbangun dan langsung berjalan menuju meja makan. “Ibu kalian memang hebat. Pasti ia juga mengajarkan pada kalian untuk menghormati tamu.” 

“Benar paman.” Anak-anak Hyena menjawab dengan suara lirih. 

Anansis langsung memakan semua makanan yang dibawakan oleh Ibu Hyena tanpa menyisakan sedikit pun untuk anak-anak Hyena. Setelah kenyang, Anansis kembali tidur dengan pulas. 

Pada malam harinya Ibu Hyena datang membawa makanan yang sangat banyak. Anak-anak Hyena menyambutnya dengan gembira. Kali ini Ibu Hyena mengajak anak-anaknya untuk makan bersama. Ia heran ketika melihat anak-anaknya makan dengan sangat lahap. 

"Mengapa kalian makan sangat banyak, bukankah tadi ibu telah membawakan makanan untuk kalian?” tanya Ibu Hyena. 

“Makanan yang ibu bawakan tadi semua untuk makan paman Anansis, jadi tadi kami belum makan dan baru makan sekarang.” Jawab anak-anak Hyena sambil menunjuk pada Anansis di sudut ruangan yang masih tertidur dengan lelap karena kekenyangan. 

Ibu Hyena menjadi sangat marah, ia langsung berjalan ke tempat Anansis. Tanpa banyak bicara, Ibu Hyena menyergap Anansis dan langsung memakannya.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar