Kamis, 26 Juni 2014

Legenda Maui

Cerita Dari Hawaii 

Maui adalah anak dari Dewa penguasa surga dan Dewi penjaga jalan menuju surga. Jadi Mauii mempunyai kesaktian yang sama dengan para dewa. Ia dan kakak-kakaknya tinggal di Hawaii. Semua orang di Hawaii bekerja sebagai nelayan, mereka pandai menangkap ikan. Tapi Maui berbeda, ia tidak pandai menangkap ikan. 

Beberapa kali Maui ikut kakaknya pergi ke laut, tapi hanya sedikit sekali ikan yang bisa ia tangkap. Sementara itu, perahu kakak Maui terlihat penuh dengan ikan. Maui kemudian menggunakan kesaktiannya untuk mengambil sedikit demi sedikit ikan yang berada di dalam perahu kakaknya. 

“Ikan kakak sangat banyak, jadi ia tidak akan tahu kalau aku ambil sedikit.” Pikir Maui. 

Tapi dugaan Maui salah. Kakaknya segera bisa tahu kalau ikan dalam perahunya telah diambil oleh Maui. Karena kesal, kakak Maui mengadukan perbuatan adiknya ini kepada ibu mereka, yaitu Dewi penjaga jalan menuju surga. 

“Maui itu sungguh nakal, ibu. Ia telah mencuri ikanku.” Kakak Maui melapor pada ibunya. 

"Adikmu itu memang tidak pandai menangkap ikan, jadi kau harus memaafkannya.” Kata ibu Maui bijaksana. 

“Kalau begitu ibu harus membantu Maui agar ia bisa pandai menangkap ikan.” Kata kakak Maui lagi. 

Dewi penjaga surga kemudian memanggil Maui, “Ibu tahu kalau kau tidak pandai menangkap ikan. Oleh karena itu, mintalah pancing ajaib kepada ayahmu.” 

Maui pergi menemui ayahnya di surga. Ia meminta pancing ajaib seperti yang diberitahukan oleh ibunya. 

“Jika kau tancapkan pancing ini ke dasar laut, maka tanah yang ada di dasar laut itu akan terangkat ke permukaan laut. Dengan begitu kau akan mudah mengambil ikan-ikan yang berserakan di sana.” Pesan Dewa penguasa surga kepada Maui. 

Setelah mendapatkan pancing ajaib tersebut, Maui segera kembali ke Hawai dan menemui kakaknya. Maui meminta tolong kakaknya untuk membantu mendayung perahu. 

“Aku telah mendapat pancing ajaib dari ayah. Dengan pancing ini aku bisa menangkap ikan yang sangat banyak. Tapi aku perlu bantuan kakak untuk mendayung perahu. Ikan yang berhasil kita tangkap, kita akan bagi dua.” 

Maui dan kakaknya kemudian menaiki sebuah perahu menuju ke tengah laut. Di sana, Maui segera melempar tali pancingnya ke dalam laut. 

“Mendayunglah yang kencang, kak, supaya aku bisa menarik pancing ini dengan lebih kuat.” Perintah Maui . 

Tapi kakak Maui tetap saja mendayung dengan lambat. Maka ketika pancing Maui ditarik ke permukaan laut, yang muncul hanyalah pulau-pulau kecil. Kumpulan pulau-pulau yang dihasilkan oleh pancing Maui itu kemudian disebut dengan nama Kepulauan Hawaii. 

Pesan : Jangan berbuat curang kepada orang lain. Berusahalah sekuat tenaga untuk mendapatkan apa yang kalian inginkan.

0 komentar:

Posting Komentar