Senin, 16 Juni 2014

Menulis Cerita Yang Menarik Bagi Pembaca

Penulis itu adalah orang yang bisa menyenangkan hati pembaca melalui cerita yang dibuatnya. Jika cerita yang dibuat oleh si penulis tidak menarik bisa jadi pembaca tidak akan mau menyelesaikan membaca hingga akhir halaman buku. Jadi bagaimana membuat cerita yang menarik? 

Sebuah cerita yang menarik bisa dibangun dari: 
  • Tema 
  • Konflik
  • Karakter tokoh
  • Jalan cerita
  • Dialog 
Tema Cerita  
Sebelum menulis pastikan tema yang jelas, misalnya tema tentang hubungan cinta jarak jauh, keluarga atau bisa juga kehidupan masa lalu. Tentukan terlebih dahulu elemen-elemen yang akan menjalin tema sehingga nantinya cerita yang kita buat  terlihat alami alias tidak dipaksakan apalagi berkesan menggurui pembaca. 

Konflik 
Bukan cerita namanya kalau tidak ada konflik. Konflik ini bisa saja ada dalam setiap adegan baik itu adegan berupa aksi maupun reaksi. Yang namanya konflik tidak harus dengan orang lain, bisa jadi konflik ini terjadi pada diri si tokoh sendiri. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah emosi dari si tokoh haruslah tergambar jelas, begitu juga dengan tujuannya. 

Karakter
Untuk menghasilkan cerita yang menarik tentu saja kita harus membuat karakter tokoh utama yang menarik. Jangan sampai pembaca akan bosan dengan karakter tokoh utama. Ini penting karena tokoh utama ini akan mengisi sebagian besar cerita dari buku setebal lebih dari seratus halaman. 
Yang perlu diingat adalah apa yang dilakukan oleh tokoh utama adalah hal-hal yang penting sehingga kita juga harus memberikan alasan mengapa si tokoh utama itu melakukannya. Oleh karena itu selain tokoh utama kita juga harus membangun karakter tokoh antagonis untuk menciptakan konflik yang alami. 
Karakter yang bisa dibangun pada tokoh utama agar tidak membosankan diantaranya : 
  • Seorang yang punya impian besar dan selalu percaya diri.
  • Lebih peduli pada orang lain dari pada dirinya sendiri, suka menolong dan tidak mudah sakit hati. 
  • Cepat tanggap pada setiap bahaya besar maupun kecil yang mendatangi dirinya. 
  • Bijaksana tapi selalu ceria dan cepat menyelesaikan masalah. 
  • Memiliki keahlian tertentu dan tidak sombong. 
  • Periang dan suka menolong orang lain. 
  • Berani membela yang benar dan tidak cengeng.
 Yang perlu diperhatikan ketika membangun karakter tokoh antagonis adalah: 
  • Karakter antagonis harus seimbang dengan tokoh utama agar terlihat alami. 
  • Ketika tokoh utama dan tokoh antagonis bertemu, maka karakter keduanya harus sama-sama kuat agar terjadi puncak konflik yang menarik. 
Jalan Cerita 
Pembaca pasti akan segera meletakkan buku yang dibacanya ketika jalan ceritanya gak jelas alias tanpa arah dan tujuan. Bisa jadi karena ceritanya tidak alami dengan bagian cerita yang tidak seimbang seperti kejadian yang berlebihan dengan kegalauan si tokoh yang membosankan hingga tujuannya tidak tercapai. 

Jalan cerita yang baik bisa dimulai dengan pembukaan cerita yang menarik dengan membangun rasa penasaran pembaca melalui bahaya yang mengancam tokoh utama dan konflik yang terus dibangun hingga akhir cerita. Tentu saja kita juga tidak perlu membuat deskripsi bertele-tele di awal cerita yang bisa membosankan. 

Di bagian tengah cerita kita perlu memperdalam hubungan antar karakter sehingga pembaca akan peduli pada apa yang terjadi dalam cerita yang kita bangun. Karena di bagian tengah adalah puncak konflik maka di sini kita perlu memberikan ancaman bagi tokoh utama dan ikatan moral yang membuat si tokoh utama tidak bisa dihilangkan dalam cerita yang kita bangun.

Jalan cerita yang baik jika pembaca tidak bisa menduga bagian akhirnya. Hingga saat ini Happy ending masih menjadi favorit pembaca. Namun kita bisa juga kok membuat akhir cerita yang mengambang sehingga kita bisa melanjutkannya pada cerita yang lain. Yang perlu diingat adalah akhir cerita harus bisa memuaskan dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi pembaca. 

Dialog 
Dialog yang menarik tentu saja merupakan percakapan yang berhubungan dengan konflik. Baik itu mendukung ataupun memberi penegasan pada konflik. Pembaca pasti akan bosan jika membaca dialog gak jelas dan gak penting dalam cerita. 

0 komentar:

Posting Komentar