Jumat, 13 Juni 2014

Persabahatan Anjing dan Kanguru

Dongeng Papua Nugini 

Kanguru dan anjing sudah lama bersahabat baik. Mereka selalu pergi bersama-sama. Rumah mereka pun saling berdekatan. Di mana ada kanguru pasti di situ ada anjing. Kalau Kanguru sakit, maka anjing akan merawatnya hingga sembuh, begitu juga sebaliknya, kalau anjing yang sakit maka kanguru akan dengan senang hati menemani dan membantu apapun yang diperlukan anjing hingga ia sembuh. 

Pada suatu pagi, Kanguru merasa sangat lapar. Ia pergi ke rumah anjing untuk mengajak sahabatnya itu mencari makan ke hutan. Saat itu anjing masih tertidur pulas. Kanguru tidak tega untuk membangunkannya. 

"Sepertinya anjing sangat lelah sehingga tidurnya pulas sekali. Kasihan kalau aku membangunkannya. Lebih baik aku pergi saja sendiri dan membawakan anjing makanan.” Pikir Kanguru. 

Kanguru kemudian pergi mencari makanan di hutan. Saat itu ia melihat pohon apel yang penuh dengan buah. Sayangnya, Kanguru tidak dapat mengambil buah yang berada di atas pohon, jadi ia hanya memakan buah apel yang jatuh. Karena sangat lapar, maka Kanguru menghabiskan buah apel itu dengan cepat. Setelah kenyang, tiba-tiba anjing datang menghampiri dirinya. 

“Mengapa kau tidak mengajakku Kanguru, tidak biasanya kau pergi sendiri.” Kata Anjing sedikit kecewa. 

“Tadi aku ke rumahmu, tapi kau masih terlelap tidur. Aku tidak tega untuk membangunkanmu. Jadi aku pergi sendiri dan berniat akan membawakan makanan untukmu.” Jawab Kanguru, namun ia tidak mengatakan bahwa dirinya sudah makan apel. 

“Apakah kau sudah makan?” tanya anjing lagi. 

“Belum. “ Kanguru tidak mengaku kalau dirinya sudah kenyang. 

“Kalau begitu kita pergi mencari makan.” 

Anjing dan Kanguru berjalan bersama mencari makan. Di pinggir jalan ada kotoran monyet yang berserakan. 

“Aku belum pernah melihat makanan ini sebelumnya, mungkin saja enak.” Kata anjing. 

Kanguru sebenarnya sudah tahu kalau itu adalah kotoran monyet, tapi sepertinya anjing sangat lapar dan ingin makan, maka ia berpikir untuk berbuat iseng pada anjing. 

“Kalau begitu makanlah, sepertinya kau lapar. Lagi pula jumlahnya hanya sedikit. Biarlah aku mencari makanan yang lain saja nanti.” Saran Kanguru sambil tersenyum dalam hati. 

Anjing kemudian memakan kotoran monyet itu. Sebenarnya anjing merasa bahwa makanan yang ia makan tersebut sangat tidak enak. Tapi demi menghormati Kanguru yang rela tidak makan demi dirinya, maka anjing terus memakan kotoran monyet itu hingga habis. 

Sesampainya di rumah Kanguru masih berpura-pura belum makan dan monyet terus mendesak sahabatnya itu untuk makan. Karena tidak tega terus membohongi anjing, akhirnya Kanguru mengaku bahwa dirinya telah kenyang makan Apel dan memberitahu bahwa yang dimakan oleh Anjing tadi adalah kotoran monyet. 

Mendengar pengakuan Kanguru, anjing sangat marah. Sejak saat itu persahabatan antara Kanguru dan Anjing putus. Bahkan Anjing sangat membenci Kanguru hingga sekarang.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar