Kamis, 05 Juni 2014

Persahabatan Singa dan Serigala

Dongeng Botswana 



Singa dan Serigala sudah bersahabat lama, sehingga keduanya sudah saling percaya satu sama lain. Suatu ketika Singa dan Serigala masing-masing berhasil menangkap seekor rusa yang sangat besar. Saat itu hari masih pagi dan Singa masih ingin melanjutkan berburu. 

“Apakah kau juga akan melanjutkan berburu denganku?” tanya Singa pada Serigala. 

“Tidak. Aku akan pulang saja. Rusa ini sangat besar, jadi sudah cukup untuk makan keluargaku hari ini. Besok saja aku pergi.” 

“Kalau begitu maukah kau membawakan rusa ini ke rumahku?” 

“Dengan senang hati kawan.” 

Maka Singa berlari ke dalam hutan, sedangkan Serigala menarik dua ekor rusa menuju rumahnya. Keluarga Serigala menyambut rusa hasil buruan itu dengan sangat senang. Mereka makan bersama-sama dengan sangat lahap, tanpa terasa keluarga Serigala juga memakan rusa milik Singa. 

“Kalau begitu aku harus pergi berburu rusa untuk mengganti rusa milik Singa.” Pikir Serigala. 

Namun hingga menjelang malam Serigala belum juga mendapatkan satu ekor rusa pun. Sementara itu Singa juga tidak mendapatkan satu pun binatang buruan lagi sampai malam tiba. Akhirnya Singa memutuskan untuk pulang. 

“Apa kalian menyisakan daging rusa untukku?” tanya Singa pada istrinya ketika sampai rumah. 

Tentu saja istri Singa bingung, “tidak ada daging rusa hari ini. Bahkan sekarang pun kau tidak membawa apa apa bukan?” 

“Tadi pagi aku sudah menadapatkan satu ekor rusa yang besar, karena aku akan meneruskan pergi berburu, maka rusa itu aku titipkan kepada Serigala.” Singa menjelaskan kepada istrinya. 

“Tidak ada Serigala yang mengantar Rusa kemari sejak tadi pagi.” Jawab istri Singa. 

Dalam keadaan lapar dan lelah, Singa menjadi sangat marah. Ia kemudian pergi ke rumah Serigala, namun di sana ia hanya bertemu anak dan istri Serigala. 

“Ke mana Serigala?” teriak Singa marah. 

“Belum pulang. Dia masih berburu ke hutan.” Jawab istri Serigala ketakutan. 

Singa yang marah berpikir bahwa Serigala sengaja ke hutan untuk melarikan diri, bukan untuk berburu. Maka Singa langsung menyusul Serigala, sayangnya Serigala selalu bersembunyi kalau melihat Singa. Sejak saat itu, persahabatan antara Singa dan Serigala putus karena Serigala tidak bisa menjaga kepercayaan Singa.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar