Jumat, 18 Juli 2014

Cerita Sang Putri

Cerita Dari Irak 

Raja Shahriah adalah raja yang sangat baik. Ia mempunyai seorang istri yang sangat cantik. Namun sayang kecantikan istrinya itu tidak diimbangi dengan kebaikan hatinya. Istri Raja Shahriah seringkali membohongi raja dan pergi dengan laki-laki lain. Hingga pada suatu hari Raja Shahriah sudah kehabisan kesabaran menghadapi kelakuan istrinya. Raja kemudian menghukum istrinya dengan hukuman mati. 

Sejak saat itu, Raja menyimpan dendam pada semua wanita cantik. Raja seringkali menikah dengan wanita cantik, namun beberapa hari kemudian ia menghukumnya dengan hukuman mati. Bahkan tidak jarang hanya satu malam saja wanita-wanita itu menjadi istri Raja, kemudian keesokan harinya mereka dihukum mati. 

Kebiasaan buruk Raja berlangsung cukup lama. Sudah seribu wanita yang menjadi korbannya. Hal ini tentu saja membuat gadis-gadis cantik di negerinya ketakutan. Namun tidak dengan putri Penasehat di kerajaan itu yang bernama Putri Sheherezade. 

“Ijinkan aku menjadi istri Raja Shahriah, ayah.” Pinta Putri Sheherezade suatu hari pada ayahnya. 

Tentu saja ayah sang putri terkejut mendengar permintaan putrinya itu. “Bagaimana mungkin aku akan mengijinkan putriku untuk dihukum mati oleh Raja Shahriah. “ 

“Aku justru ingin menyelamatkan gadis-gadis dari hukuman mati Raja Shahriah.” Jawab Putri Sheherezade. 

“Apa maksudmu putriku.” Tanya penasehat yang belum mengerti maksud putrinya. 

“Aku akan menghentikan kebiasaan buruk Raja Shahriah.” 

Akhirnya setelah yakin, penasehat mengijinkan Putrinya menikah dengan Raja Shahriah. Pada malam pertama pernikahannya, Putri Sheherezade menceritakan sebuah dongeng yang sangat menarik. Namun dongeng itu sengaja tidak ia selesaikan hingga matahari hampir terbit. 

“Kita lanjutkan ceritanya nanti malam ya.” Kata Putri Sheherezade kepada Raja Shahriah yang telah menjadi suaminya. 

Raja Shahriah tentu saja menjadi penasaran pada kelanjutan cerita istrinya, hingga ia tidak memberikan hukuman mati pada keesokan harinya. Pada malam berikutnya Putri Sheherezade melakukan hal yang sama, begitu juga dengan malam-malam selanjutnya. 

Tanpa terasa sudah seribu malam Putri Sheherezade mendongeng untuk suaminya. Raja Shahriah pun menjadi lupa akan kebiasaan buruknya menghukum mati para istrinya. Karena kepandaiannnya itu, Putri Sheherezade akhirnya menjadi permaisuri Raja Shahriah sampai akhir hayatnya. 

Pesan 
Jadilah anak yang banyak akal agar bisa menyelesaikan setiap masalah yang ada dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar