Rabu, 16 Juli 2014

Hanoman Membuat Jembatan

Cerita Dari Kamboja 

Hanoman adalah seekor kera yang sakti. Ia diangkatsebagai panglima pasukan monyet oleh Raja Rama yang bertugas untuk membebaskan istrinya, Dewi Sinta yang ditawan Rahwana. Kerajaan Rahwana berada di sebuah pulau di tengah-tengah samudera, sehingga untuk mencapai tempat itu harus dibuat sebuah jembatan panjang.

Bersama dengan pasukan kera, Hanoman mengangkut batu-batu besar ke tepi pantai dan menatanya di laut menjadi sebuah jembatan menuju pulau tempat Dewi Sinta ditawan. Dengan kesaktian yang dimiliki oleh Hanoman, maka batu-batu itu bisa mengambang di air. 

Tiba-tiba seekor kera datang melapor, “ tuanku panglima Hanoman, batu-batu yang telah kami letakkan di laut banyak yang hilang.” 

“Kalau begitu, pasti ada yang mengambil. Aku akan mencari siapa yang mengganggu pekerjaan kita. 

“ Hanoman kemudian menuju laut dan menyelam untuk mengawasi siapa yang mengganggu pasukan kera bekerja. 

Setelah beberapa saat mengawasi, Hanoman kemudian tahu bahwa yang menjadi pengganggu adalah para Putri Duyung. Mereka mengambil batu-batu yang berada di permukaan air dan membawanya ke laut. Hanoman mencari tahu siapa pemimpin Putri Duyung tersebut. 

Akhirnya Hanoman tahu bahwa pemimpin Putri Duyung itu adalah Putri Sovan Macha. Ia kemudian menemui Putri Sovan Macha untuk meminta agar para Putri Duyung itu tidak lagi mengganggu pekerjaan pasukan kera. 

Namun Putri Sovan Macha tidak mau menuruti HAnoman begitu saja, hingga terjadilah sebuah pertarungan kecil karena Hanoman kesal atas tindakan Putri Sovan Macha yang melarikan diri seolah tidak menghiaraukan Hanoman. 

Terjadilah kejar-kejaran antara Hanoman dan Putri Sovan Macha di dalam laut. Setelah merasa kelelahan akhirnya Putri Sovan Macha menyerah pada Hanoman, dan memerintahkan para Putri Duyung untuk tidak lagi mengganggu pekerjaan kera. Bahkan Putri Sovan Macha juga memerintahkan Putri Duyung untuk membantu pekerjaan para kera agar cepat selesai. 

Pesan :Bantulah temanmu yang memerlukan pertolongan. Jangan suka mengganggu pekerjaan temanmu karena itu adalah perbuatan yang tidak baik.

0 komentar:

Posting Komentar