Selasa, 01 Juli 2014

HIkayat Kupu-Kupu

Cerita Dari Cina 

Ada seorang menteri yang baik, ia sangat rajin bekerja dan setia pada Kaisar. Jadi tidak heran kalau Kaisar sangat menyayangi menteri ini. Perlakuan Kaisar itu kemudian membuat teman-teman sesama menteri menjadi iri, hingga akhirnya terjadilah persaingan yang tidak sehat diantara mereka. 

Menteri yang baik ini merasa lelah dengan persaingan yang terjadi di istana Kaisar. Ia juga jenuh dengan suasana di dalam istana. Oleh karena itu menteri ini memutuskan untuk pergi sebentar ke luar kota untuk mencari suasana yang berbeda. 

Maka di suatu pagi, menteri minta diantar oleh beberapa orang pengawalnya ke sebuah perbukitan di luar kota. Setelah sampai di sana, para pengawal disuruh pulang dan menteri juga meminta mereka untuk menjemputnya menjelang sore tiba. 

Setelah berada diatas bukit itu seorang diri, menteri itu menikmati pemandangan alam yang indah serta udara yang segar. Kemudian datang beberapa lebah yang mendekati menteri dan menempel di bajunya yang bermotif bunga-bunga.

“Sepertinya kamu tertarik dengan bunga-buga di bajuku ini, lebah.” Kata menteri itu dengan tersenyum. 

Lebah itu juga merasa senang berada di dekat menteri. Keduanya seolah bercanda dan terlihat sangat bahagia. 

 “Kalau kamu memang suka dengan bunga-bunga di bajuku ini, maka ambillah ini.” Menteri itu kemudian menyobek baju yang ia pakai dan melemparkan satu sobekan kecil ke udara. 

Anehnya, sobekan kain baju menteri itu kemudian berubah menjadi seekor binatang yang bisa terbang dengan sayap yang berwarna-warni dan sangat indah. 

“Binatang apa ini?” menteri terlihat kagum dengan apa yang terjadi di hadapannya itu. 

Menteri kemudian menyobek lagi sedikit lembaran kain dari bajunya, kemudian melemparkannya lagi ke udara. Ajaib, sobekan kain itu juga menjadi binatang yang sama. “Aku akan memberi nama binatang ini dengan nama KUPU-KUPU.” 

Karena merasa sangat senang, menteri terus menyobek bajunya, menjadi sobekan kecil-kecil kemudian melemparkan ke udara. Semakin lama, kupu-kupu yang ada di sana semakin banyak. Menteri sangat senang bermain-main dengan mereka. 

Tanpa terasa hari sudah menjelang sore dan pengawal menteri sudah datang kembali. Menteri kemudian kembali ke istana dengan perasaan gembira, dan siap untuk bekerja kembali mengabdi pada Kaisar.

Kupu-kupu yang berada di atas bukit itu kemudian berkembang menjadi sangat banyak dan terbang ke luar daerah perbukitan. Siapapun yang melihat keindahan kupu-kupu itu akan merasa sangat senang. Sejak itulah orang mengenal dan menyukai kupu-kupu. 

Pesan : Pergilah berwisata ke mana pun kalian suka jika merasa jenuh dan lelah setelah belajar. Pemandangan alam yang indah bisa membuat pikiran kamu segar kembali dan siap untuk kembali menerima pelajaran dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar