Selasa, 01 Juli 2014

Konsep Buku Aktivitas Anak Usia Dini


Tanpa sengaja kejaran hantu deadline justru membuat aku terjebak dalam lautan ide baru. Maksud hati kemaren itu adalah menyelesaikan 2 judul buku aktivitas untuk anak-anak PAUD. Ternyata banyak sekali ide-ide baru yang bisa dikembangkan untuk membuat buku aktivitas bagi anak usia 4-6 tahun.

PAda dasarnya anak pada usia ini sangat suka bermain dan meniru, namun dalam kegiatan meniru ini sebenarnya potensi mencipta mereka sedang dikembangkan. Pasar buku aktivitas sangat bagus d Indonesia, karena buku ini bukan saja bisa dijual di toko buku, tapi lebih bisa dijual langsung ke sekolah-sekolah.

Oleh karena itu ketika kita membuat konsep buku aktivitas anak, maka seharusnya kita sudah mempunyai pandangan penerbit mana yang mempunyai akses penjualan bagus ke sekolah-sekolah seperti misalnya Erlangga for kids, Divisi Gurita (imprint Zikrul), buah hati (imprint Lentera Hati) dll.

Ada banyak sekali peluang mendapat income tambahan ketika menulis buku aktivitas anak, seperti misalnya akan diadakan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk demo kreasi sekaligus promosi buku. Juga acara workshop yang seringkali diadakan oleh HIMPAUDI di tiap-tiap daerah.

Ada beberapa jenis buku yang bisa dikembangkan untuk anak usia dini, buku-buku ini biasanya mempunyai jumlah halaman kelipatan 8 dimulai dari 24, 32 atau 48.
Buku-buku itu diantaranya :
  1. Concept Book , seperti misalnya belajar abjad, angka dll
  2. Buku pop up, buku cerita dengan gambar 3D
  3. Origami for kids, ada banyak sekali nilai-nilai yang bisa dikembangkan dengan origami, terutama nilai kesabaran juga kreativitas mencipta dan berimajinasi bagi anak.
  4. Buku mewarnai sambil bercerita
  5. Craft for Kids, ini paling banyak jenisnya seperti misalnya clay for kids, flanel for kids dll.
Yuk temukan idemu dan buat konsep bukan saja pada isi bukunya tapi juga pemasaran bukunya.

0 komentar:

Posting Komentar