Minggu, 06 Juli 2014

Kucing Bermusuhan Dengan Tikus

Cerita Dari Cina 

Seluruh binatang di hutan tahu bahwa tikus dan kucing adalah binatang yang paling malas diantara binatang lain. Tikus dan kucing selalu bangun paling siang, padahal mereka berdua selalu tidur sebelum binatang lain tidur. 

Pada suatu ketika, Kaisar mengadakan lomba lari bagi semua binatang. Kaisar ingin memilih dua belas binatang sebagai pemenang lomba nantinya. Keduabelas binatang ini akan dijadikan sebagai simbol shio dalam kalender Cina. Pada malam hari sebelum lomba, Kucing dan Tikus sama-sama mendatangi Sapi. 

“Kamu pasti tahu, Sapi, bahwa aku sering bangun terlambat, jadi aku mau minta tolong padamu untuk membangunkanku besok pagi sebelum lomba lari dimulai.” Kata kucing kemudian langsung pergi. 

“Tolong bangunkan aku ya sapi. Aku tahu kamu adalah sahabat terbaikku.” Kata Tikus beberapa saat setelah Kucing pergi. 

Pada keesokan harinya Sapi membangunkan Kucing dan Tikus. Rupanya kedua binatang ini masih tertidur dengan pulas. Bahkan ketika terdengar bunyi gong pertanda lomba akan segera dimulai, Sapi belum juga berhasil membangunkan Kucing maupun Tikus. 

Sebagai sahabat yang baik akhirnya Sapi mengangkat Kucing dan Tikus yang masih tertidur itu ke atas punggungnya. Dengan demikian, Tikus dan Kucing tetap bisa ikut lomba lari, walaupun saat itu mereka berdua masih dalam keadaan tidur. 

“Nanti di jalan Tikus dan Kucing pasti akan terbangun mendengar suara ramai dan guncangan tubuhku yang berlari.”pikir Sapi. 

Semua binatang yang mengikuti lomba berlari dengan sangat kencang. Sapi memimpin di depan di susul oleh Harimau di belakangnya. Ketika melewati sebuah kubangan, Sapi melompat dengan langkah lebar. Gerakannya ini membuat kucing yang masih tertidur di punggungnya terjatuh ke tanah. Ketika bangun Kucing sadar bahwa dirinya sedang berada di arena lomba. Maka ia segera berlari menyusul yang lainnya. 

Sementara itu tikus masih terlelap tidur dan baru terbangun ketika mendengar teriakan penonton di garis finish. Saat menyadari hal tersebut, Tikus langsung terbangun dan melompat ke depan Sapi. Hal ini membuat Tikus berada diurutan pertama dan Sapi diurutan kedua. Sedangkan kucing tidak menjadi juara. Sejak tahu kecurangan yang dilakukan oleh Tikus, maka Kucing selalu memusuhi Tikus dan keduanya bertengkar jika bertemu. 

Pesan : Jangan pernah berbuat curang, karena hal ini akan merugikan orang lain. Jika kalian berlomba, berusahalah sekuat tenaga dan berlakulah dengan jujur.

0 komentar:

Posting Komentar