Selasa, 22 Juli 2014

Menulis Cepat

Menulis dengan cepat bisa terjadi dan sangat bisa terjadi kalau kita sudah terbiasa menulis. Menulis itu adalah ketrampilan. Semakin sering dilaukan akan semakin lancar dan kita akan semakin mahir. 

Apakah menulis cepat hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah terbiasa menulis? Apakah penulis pemula tidak akan bisa menulis cepat? 

Tentu saja penulis pemula bisa saja menulis cepat. Semua tergantung dari niat dan usaha. Begitu juga dengan penulis senior. Mereka bisa saja tidak lagi bisa menulis cepat jika suatu saat berhenti sesaat dari aktifitas menulis.

Untuk bisa menulis cepat yang bisa dilakukan adalah : 

  1. Menulis dan menulis. Ini soal kebiasaan. Jadi kita harus membiasakan diri menulis. Menulis apapun, baik itu yang kita lihat, kita rasakan maupun kita alami. 
  2. Niat jadi penulis produktif. Setidaknya niat ini bisa memamcu kita untuk menyelesaikan naskah secepat mungkin. 
  3. Membuat konsep. Ada baiknya kita membuat konsep naskah yang akan kita buat. Dengan konsep yang ada maka kita akan dengan mudah menyelesaikannya karena kita sudah tahu mana bagian awal hingga akhir dari naskah yang akan kita tulis. 
  4. Menetapkan jadwal. Penulis itu bekerja sendiri dan harus mengatur jadwalnya sendiri. Jadwal ini akan memandu kita dan mengingatkan kita akan naskah yang harus kita selesaikan. 
  5. Membuat target menulis yang realistis. Misalnya saja kita sudah membuat konsep novel setebal 120 halaman dan ingin menyelesaikannya dalam 12 hari. Itu artinya dalam sehari kita harus menulis sebanyak 10 halaman. Banyaknya halaman yang akan kita tulisa dalam sehari tentunya tergantung dari jumlah waktu yang kita sediakan untuk menulis. Buatlah target yang realistis. Jangan sampai tulisan kita bisa diselesaikan denan cepat tapi akhirnya tidak berkualitas dan ditolak oleh penerbit.
  6. Membentuk kelompok menulis. Seperti halnya kelompok belajar, maka dalam kelompok menulis ini, sesama anggota kelompok akan memacu semangat anggota yang lain. Persaingan sehat pun bisa membuat kita menulis cepat agar naskah segera bisa diselesaikan agar tidak tertinggal dengan anggota yang lain.  


0 komentar:

Posting Komentar