Sabtu, 12 Juli 2014

Pangeran Dan Peri Air

Cerita Dari India 

Seorang raja mempunyai dua orang putera yang sudah dewasa. Mereka adalah Pangeran Bulan dan Pangeran Bintang. Ayah mereka berdua adalah seorang Raja yang bijaksana. Sang Raja selalu mendidik anak-anaknya untuk menjadi seorang yang bertanggung jawab, mandiri dan bijaksana seperti dirinya. Ia berharap kedua Pangeran itu akan bisa bekerjasama dengan baik memimpin kerajaan setelah dirinya meninggal dunia nanti . 

Pada suatu hari Sang Raja memanggil kedua putranya dan meminta mereka berdua untuk pergi ke dalam hutan. 

“Belajarlah dari apa yang ada di alam bebas serta belajarlah bekerja keras agar kalian nanti bisa siap menjadi raja yang adil setelah aku meninggal nanti.” Perintah Raja. 

Kedua Pangeran itu menuruti perintah ayahnya. Berhari-hari keduanya berjalan kaki menyusuri hutan tanpa disertai oleh satu pun pengawal. Ketika merasa lelah, kedua pangeran itu berhenti di pinggir sebuah danau. 

“Aku ingin mengambil air kak,” kata pangeran Bintang. 

“Pergilah dik, aku akan beristirahat sambil menjaga perbekalan kita di sini.” 

Di danau Pangeran Bintang bertemu dengan Peri air. Dari wajahnya terlihat sepertinya ia adalah seorang peri air yang jahat. 

“Apa yang kau lakukan di sini. Kau telah masuk daerah kekuasaanku tanpa ijin.” Kata Peri Air. 

“Aku hanya ingin mencuci muka dan minum sedikit air danau ini.” Jawab Pangeran Bulan. 

“Seharusnya kau tahu aku adalah Peri Air yang jahat dan aku ingin menjadi Peri yang baik. Apakah kau tahu bagaimana Peri yang baik itu.” 

“Peri yang baik adalah peri yang berwajah cantik.” 

Peri Air marah, ”Apa kau pikir aku ini kurang cantik.” 

Kemudian Peri Air mengambil Pangeran Bulan dan menyembunyikannya di dalam gua tempatnya tinggal. 

Merasa adiknya sudah sangat lama pergi dan belum juga kembali, PAngeran Bulan menyusul ke danau. Di sana ia juga bertemu dengan Peri Air. 

“Apakah kau melihat adikku?” tanya Pangeran bulan pada Peri Air. 

“Adikmu aku sembunyikan karena dia adalah Pangeran yang bodoh. Dan akan aku berikan kepadamu jika kau bisa memberikanku nasehat bagaimana Peri yang baik itu.” 

“Peri yang baik itu adalah Peri yang berhati lembut, sabar, tidak pernah iri hati, tidak sombong dan sayang kepada semua makhluk serta senang membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan.” Jawab Pangeran Matahari bijaksana. 

Peri Air sangat menyukai jawaban Pangeran Bulan, maka ia segera mengambil Pangeran Bulan dan memberikan kepada kakaknya. Sejak saat itu Peri Air yang jahat menjadi seorang Peri yang baik hati. 

Pesan :Kebaikan hati seseorang tercermin dari perbuatan yang dilakukan. Dengan saudara seharusnya kita saling menyayangi dan melindungi , seperti halnya Pangeran Matahari yang melindungi adiknya, Pangeran Bulan

0 komentar:

Posting Komentar