Selasa, 22 Juli 2014

Tips Membuat Cerita Keren

Sepulang dari acaranya MOCO jadi ingat pertanyaan dari mas Jun, Editor In Chiefnya MOCO. Apa sih yang menjadi impian penulis? Tentu saja setiap penulis ingin :
  1. Bukunya menjadi Best Seller
  2. Bukunya dibaca oleh banyak orang
  3. Bukunya bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang
Nah agar ketiga hal diatas bisa menjadi kenyataan maka hal yang harus dilakukan penulis adalah membuat cerita yang menarik. Untuk bisa membuat cerita menarik maka yang harus dilakukan antara lain adalah: 
  1. Membuat karakter yang bisa dikagumi atau menginspirasi pembaca. KArena karaker yang biasa-biasa saja akan membuat pembaca merasa bosan dan akhirnya justru meninggalkan cerita kamu. 
  2. Karena yang mengonsumsi cerita kita nantinya adalah pembaca, maka tidak ada salahnya jika melakukan riset tentang apa yang diinginkan pembaca sebelum kita menulis. 
  3. Sebenarnya membuat ending itu adalah hal yang tersulit, jadi sebaiknya kita harus tahu bagian endingnya sebelum mulai menulis. 
  4. Supaya cerita jadi seru, jangan lupa memberi tantangan pada karakter utama sekaligus bagaimana cara dia mengatasi masalah. 
  5. Konflik adalah proses perubahan dari awal cerita menuju akhir cerita dan konflik ini terjadinya di tengah cerita. JAdi buat konflik semenarik mungkin agar cerita kamu tidak mudah tertebak dan membosankan nantinya. KAlau perlu buat catatan tentang hal-hal yang tidak mungkin terjadi agar cerita kamu nantinya tidak mudah tertebak. 
  6. Sebelum menulis cerita , beri alasan pada dirimu sendiri, mengapa kamu harus menulis cerita ini. Apakah kamu ingin menunjukkan sesuatu pada pembaca? Atau kamu akan mengispirasi pembaca? Bagaimanapun juga sebuah cerita yang ada hikmahnya bagi pembaca akan lebih baik daripada cerita yang tidak ada tujuannya atau tidak bermanfaat bagi pembaca. 
  7. Agar cerita kamu terasa lebih hidup ada baiknya membuat daftar kebetulan yang ada hubungannya dalam setiap adegan agar karakter yang kamu buat tidak membosankan dan terkesan realistis.
  8. Kamu juga harus tahu benang merah dari ceritamu agar ceritamu tidak berputar-putar dan tidak jelas.  



0 komentar:

Posting Komentar