Minggu, 03 Agustus 2014

Menjaring Ide Untuk Buku Anak

Bagi saya ide adalah hal yang paling utama dalam proses menulis. Tanpa ide maka kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita tulis. Yang sering terjadi adalah : 
  • Ada banyak ide yang melayang dalam pikiran kita dan saking banyaknya justru kita sendiri merasa kesulitan untuk menangkapnya. 
  • Ada ide tapi kita gak yakin apakah ide itu bisa dijadikan cerita atau tidak.
  • Ada beberapa pilihan ide dan kita malah jadi bingung untuk memilih mana ide yang akan tulis terlebih dahulu.  
  • Mati ide atau gak ada ide sama sekali. Kalau yang seperti ini bisa jadi kita gak tahu apa itu ide . 
Sebenarnya ide cerita bisa kita temukan di mana saja dan kapan saja. Ide cerita juga tidak harus yang rumit. Hal-hal sederhana juga bisa jadi ide cerita. Apapun yang kita lihat, kita jumpai, kita rasakan dan kita pikirkan bisa saja menjadi ide. Itu sebabnya kita perlu mempunyai buku catatan ide. Karena ide itu bisa datang semau dia dan pergi juga sesuka dia. 

Jadi bagaimana caranya menjaring ide untuk menulis buku anak
Tentu saja kita harus jeli dalam melihat, memikirkan dan merasakan kehidupan anak-anak. Dunia anak-anak adalah dunia yang penuh kepolosan. Jadi tentu saja ide untuk menulis buku anak-anak juga berbeda dengan ide untuk menulis buku untuk orang dewasa. 

Dunia anak-anak adalah dunia bermain, jadi sah-sah saja kalau kita memberikan ide berupa negeri impian yang penuh dengan mainan serta hal-hal yang disenangi oleh anak-anak. Tapi kita juga bisa kok mengangkat kehidupan anak-anak yang sedrhana. Seperti misalnya kebiasaan anak-anak yang suka jajan. Bahkan ide buku bergambar seri Puteri yang pernah aku buat idenya adalah dari keponakanku yang suka berteriak-teriak. 

Kalau kita sudah memiliki buku catatan ide, maka ada baiknya kita sering membukanya. Jangan sampai ide-ide yang sudah banyak itu terbuang begitu saja. Selain itu semangat menulis juga bisa mempengaruhi ide yang kita buat. Bisa saja terjadi dalam satu hari kita menulis beberapa cerita dan hari-hari berikutnya kita tidak menulis sama sekali.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa setiap ide yang kita temukan adalah ide yang bagus dan bisa dijadikan cerita. Jangan pernah mengatakan ide yang kita temukan adalah ide buruk. Baik buruknya sebuah ide adalah tergantung dari bagaimana cara kita mengeksekusinya menjadi sebuah cerita yang menarik. 


0 komentar:

Posting Komentar