Minggu, 14 September 2014

Hak Cipta Naskah Lomba

Just mengingatkan untuk teman-teman yang mengikuti lomba penulisan yang sekarang ini banyak sekali diselenggarakan oleh berbagai pihak.

Kalau sebuah naskah diikutkan dalam sebuah lomba, biasanya panitia pasti sudah memberitahukan sebelumnya ketentuannya. APakah naskah itu akan menjadi milik panitia sepenuhnya atau hanya naskah pemenang lomba yang akan menjadi milik panitia. Tapi pada dasarnya, hak cipta naskah tersebut ada pada kita, kecuali kalau di pengumuman lomba , diberitahukan bahwa hak cipta naskah akan menjadi milik panitia. Kalau untuk yang satu ini kita juga harus mikir-mikir dulu dunk untung ruginya. 

Oleh karena itu, ketika akan mengikuti sebuah lomba, kita harus berhati-hati membaca ketentuannya. Jika memang kita adalah pemilik hak cipta naskah tersebut, maka kita berhak sepenuhnya atas naskah kita. Apakah kita akan menarik naskah tersebut ketika buku tersebut tidak dicetak lagi, atau pun menerbitkannya dalam bentuk lain. 

Jadi yang menjadi intinya adalah berhati-hatilah dalam mengirimkan naskah, dan selalu pastikan tentang hak cipta karya kita, karena hak cipta ini amat sangat berharga, bukan hanya untuk kita, tapi juga anak cucu kita nantinya.

Keep Spirit jadi penulis pintar dan hindari segala bentuk pembodohan pada penulis, apalagi penulis pemula ..... good luck........♥♥♥ 

Note : 
Ada yang mengadakan lomba dan hanya memberikan satu atau dua eksemplar buku tanpa menuliskan nama kontributorya, padahal buku yang diterbitkan dengan sistem royalty, dimana hak cipta ada pada PJ. Lha kalau buku itu dicetak ulang beberapa kali yang enak kan PJ nya sementara kontributornya hanya sebagai alat promosi karena penulis pemula merasa sudah cukup senang kalau tulisannya menjadi buku. Selain itu amasih ada banyak jenis pembodohan kepada penulis pemula di indonesia ini. Next time kita bahas lebih lanjut lagi ya soal ini.

0 komentar:

Posting Komentar