Rabu, 10 September 2014

Manajemen Waktu Dan Disiplin Dalam Menulis

Ada satu hal yang seringkali dilupakan oleh para penulis, yaitu "MANAJEMEN WAKTU". Ini berhubungan dengan kedisiplinan menulis. 

Ketika kita sudah berniat menjadi penulis, maka hal yang harus kita lakukan adalah menulis, menulis dan menulis. BErapa waktu yang harus kita sediakan untuk menulis memang tidak ada seorangpun yang bisa memaksakan kepada kita, karena memang penulis adalah pekerjaan paling merdeka di seluruh dunia. NAmun bukan berarti kemerdekaan itu bisa membuat kita semaunya. 

DISIPLIN adalah hal yang jarang sekali dimiliki oleh penulis, oleh karena itu penulis yang berhasil adalah mereka yang DISIPLIN dan mempunyai MANJEMEN WAKTU yang baik. 

Ketika kita membuat proposal naskah kemudian mengirimkannya kepada penerbit, maka disaat itulah kita harus membuat manajemen waktu, lepas dari apakah naskah kita akan diacc atau tidak. 

MAnajemen waktu ini disesuaikan dengan: 

  1. Rencana jumlah halaman dalam buku 
  2. Waktu yang bisa kita sediakan setiap hari untuk menulis 
  3. Berapa halaman kemampuan kita menulis setiap jam 
  4. Berapa banyak proposal naskah yang kita kiirmkan kepada penerbit 
  5. Tulisan lain yang ingin kita buat. 
  6. Waktu /hari libur yang kita inginkan. 


Dari manjaemen waktu yang kita buat, maka kita bisa memprediksi kapan kita bisa menyelesaikan naskah dan membuat deadline yang manusiawi bagi diri kita sendiri. Karena pada dasarnya penulis juga manusia kan.

Yuk mulai menghargai waktu dan juga menghargai karya kita serta diri kita sendiri........♥♥♥

0 komentar:

Posting Komentar