Kamis, 18 September 2014

Meminimalisir Penolakan Dari Penerbit

Semangat pagi ....... semangat berkarya dan berkompetisi yang jujur...........♥♥♥ 

Ada beberapa teman yang menanyakan mengapa banyak sekali penolakan yang mereka terima dari setiap proposal naskah yang diajukan. Setelah ngobrol beberapa saat akhirnya sayapun tahu apa kelemahan proposal naskah yang dikirimkan. Berikut adalah tips untuk meminimalisir penolakan : 

  1. Buku yang di acc oleh penerbit adalah buku yang bisa tampil beda dan dibutuhkan oleh banyak orang, sehingga kemampuan membuat konsep sebuah buku adalah hal utama yang harus dimiliki selain kemampuan menyajikan dalam bentuk tulisan yang menarik. (untuk penjelasan tentang membuat konsep yang bagus akan kita bahas lain waktu ya) 
  2. Yang sering dilupakan oleh para penulis ketika menulis naskah sebuah buku adalah tidak menuliskan naskah pembanding yang ada di toko buku dan tidak menuliskan kelebihan naskah yang dibuat. Padahal kedua hal ini sangat penting sebagai pertimbangan pihak marketing yang juga ikut menentukan apakah naskah kita di acc atau tidak. 
  3. Lebih banyak konsep pengekor dan hanya sedikit yang menjadi pelopor, padahal penerbit lebih menyukai konsep buku baru yang mempunyai banyak kelebihan. 


Jadi intinya, ketika mengajukan naskah kita harus kreatif dalam membuat konsep naskah dan bisa tampil beda...... selamat membuat outline sebanyak-banyaknya .......good luck ya ^_^

0 komentar:

Posting Komentar