Kamis, 11 September 2014

Mengatasi Writer's Block

Teringat cerita seorang sahabat tentang “mati ide”. Sebagai manusia biasa tentu saja saya juga merasakan yang namanya mati ide, tapi yang dimaksudkan mati ide di sini adalah ketika saya menulis dan tiba-tiba di tengah jalan saya berhenti karena tidak tahu lagi apa yang akan saya tulis atau yang biasa disebut dengan writers block. 

Biasanya ini terjadi karena saya merasa jenuh, atau yang biasa saya sebut dengan kehabisan batere pada pikiran. Nah kalau sudah begini maka saya akan mengisi kembali batere atau yang biasa saya sebut dengan menge-charge batere pada pikiran. 

Berikut adalah kegiatan yang biasa saya lakukan dalam rangka mengisi energi pada batere pikiran: 
1. Mematikan computer dalam beberapa hari. 
Maksimal 3 hari, gak boleh lebih. Karena kalau lebih bisa dipastikan kita sudah terlena jadi mending dijual aja komputernya ^_^ 

2.Melakukan kegiatan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan menulis. 
Misalnya memasak bagi yang bisa masak. Tapi kalau gak bisa masak saya tidak menyarankan untuk melakukan hal ini karena pasti akan nyatet resep dulu, ini sama saja dengan nulis juga kan. Belum lagi kalau masakannya gak enak, pasti akan tambah stress, ini bukannya ngecash batere, tapi malah merusak batere. MAsih banyak kok kegiatan lain yang bisa dipilih seperti berkebun, membersihkan rumah atau melukis. 

3. Duduk di tempat yang nyaman.
Misalnya diteras, memandang tanaman sambil minum secangkir teh atau kopi, boleh juga ditambah dengan makan secuil atau dua cuil snack ringan. Tapi jangan banyak-banyak karena selain akan berimbas pada berat badan yang naik juga boros. 

4. Pergi ke luar rumah untuk refreshing 
Di mana kita bisa mengunjungi berbagai tempat seperti pantai, gunung atau yang murah meriah bisa duduk-duduk taman di komplek sambil bermain dengan anak-anak. Hanya saja saya tidak menyarankan untuk pergi ke mall karena ini akan menguras isi dompet. 

5. Berkunjung ke rumah teman untuk silaturahmi. 
Dari obrolan yang terjadi bisa saja kan membuat ide anda muncul lagi, tapi gak disarankan untuk ngrumpi ya. (Sebetulnya sih gak perlu ngobrol sama teman atau tetangga, sama pembantu di rumah juga OK kan, atau sama anak-anak). Asalkan bukan mengajak ngobrol suami yang sedang bekerja lewat telpon, kalau yang ini bikin prahara namanya. 

6. Pergi ke toko buku atau perpustakaan 
Atau kalau masih punya stock buku di rumah yang belum di baca bisa di baca sekarang. Boleh juga kok membaca sampai ketiduran, siapa tahu bangun tidur malah dapat ide cemerlang. 

7. Kadang hal ini bisa saja terjadi, mati ide di sebuah tulisan, tapi bersemangat untuk menulis tulisan lain. 
Gak dilarang kok untuk melakukan hal ini. Suka-suka kamu deh mau nulis yang mana duluan, gak akan ada yang melarang karena menulis adalah pekerjaan paling merdeka di seluruh dunia. 

Berbahagialah penulis yang berawal dari hobi menulis karena pekerjaan ini akan selalu dilakukan dengan senang hati dan penuh cinta untuk membuat banyak orang menjadi senang ……♥♥♥

0 komentar:

Posting Komentar