Minggu, 21 September 2014

Menulis Resensi Buku

Pagi ini aku membuka kembali sebuah file proposal naskah non fiksi yang sudah di acc dan berusaha mencari buku-buku di perpustakaan miniku sebagai bahan referensi. 

Ternyata ada sebuah buku baru, masih dibungkus plastik yang belum sempat terbaca dan cocok untuk bahan tulisanku. Itu artinya hari ini aku perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk membaca dari pada menulis. Sambil menyelam minum air, maka aku juga akan membuat resensi buku yang aku baca ini, dan rencananya akan mengirimkannya ke sebuah koran harian. 

Berikut adalah format RESENSI : 
Judul buku : ...................... 
Penulis : ......................... 
Penerbit : ...................... 
Halaman : ..................... 
Harga : .............................. 
Cetakan : ..................... 

Pembukaan = berisi tentang buku itu sendiri seperti tema buku serta genre buku 

Isi= mengulas isi buku tersebut dengan memberikan kelemahan dan kekuatan buku tersebut, jika diperluka bisa ditambah denan kutipan. 

Penutup= paragraf yang berisi rekomendasi terhadap buku tersebut, apa yang bisa menjadi alasan kuat sehingga buku tersebut pantas untukkita miliki. 

Jumlah kata-katanya juga gak lebih dari 700 kata atau gak lebih dari 3000 karakter. Itu sekitar 1,5 halaman A-4 spasi 1,5 TNS 12 

Scan sampul buku dan kirimkan jpgnya beserta file resensi dalam format word ke media yang kita pilih. 

Oh ya, sebelum menentukan media mana yang akan kita kirimi, maka kita perlu tahu karakter media tersebut. Gak mungkin kita mengirimkan resensi buku ketrampilan ke koran Kompas, dan jelas gak akan dimuat juga resensi buku politik di majalah parenting. 

Setelah resensi kita dimuat, maka kita perlu membeli media yang memuatnya, walaupun kita juga akan menerima bukti terbitnya. Mengapa kita harus mempunyai 2 bukti terbit? Satu bukti terbit untuk arsip kita ,sementara yang satunya akan kita kirim ke penerbit yang bukunya kita resensi. Biasanya penerbit akan memberi kita hadiah juga,bisa berupa buku dan ada juga lho penerbit yang memberikan voucher belanja di toko buku. 

Jadi jangan pernah merasa rugi ketika membeli buku baru. Selain bisa menjadi inspirasi, dengan membuat resensi juga akan memberikan banyak keuntungan finansial kepada kita. Yuk buat membaca buku dan menulis resensinya. 

Semoga bisa jadi inspirasi hari ini ya ...............♥♥♥

0 komentar:

Posting Komentar