Rabu, 10 September 2014

Tips Menemukan Ide Untuk Menulis Buku Ketrampilan

Ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan ketika kita akan menulis buku ketrampilan 

1. Perbanyak melihat-lihat katalog penerbit. 
Di sini ada banyak buku-buku ketrampilan lama yang bisa perbarui kreasinya. 

2. Lihat juga You tube. 
Karena di sana ada banyak sekali video craft dari luar negeri yang bisa menambah inspirasi kita. Kalau perlu save videonya (cara saving video, nanti di bahas lebih lanjut ya...) 

3. Buat Kliping. 
Jangan buang majalah atau tabloid wanita sebelum kita pilih gambar-gambar atau ide-ide kreatif yang ada di sana. Kliping yang terkumpul suatu saat akan memudahkan kita menemukan ide. 

4. Miliki buku catatan ide. 
Tulis ide sebanyak-banyaknya di dalam buku ide, dan bawalah buku ide ini kemana pun kita pergi, karena ide bisa datang setiap saat tanpa kita tahu sebelumya. Dibuku ide ini kita juga bisa membuat sketsa produk kreatif yang akan kita buat. 

5. Perbanyak jalan-jalan melihat pameran craft. 
Misalnya Inacraft atau pameran produk unggulan yang biasanya diadakan oleh pemerintah daerah setempat. Pameran juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur trend dari design produk yang terbaru, sehingga produk yang kita tulis tetap up to date dan gak terkesan "Jadul" 

6. Harus rajin ke toko buku. 
Kalau perlu minimal setiap minggu kita ke toko buku, karena selalu ada buku baru yang bisa memberikan kita ide kreatif untuk memodifikasi atau menambahkan kreasi pada setiap buku yang sudah ada. Tidak ada buku yang sempurna, sehingga kita bisa mengambil kesempatan untuk menambahkan kekurangan yang belum ada pada buku tersebut menjadi sebuah buku baru dengan kreatifitas berbeda yang lebih bagus tentunya. 

7. Harus rajin juga ke perpustakaan. 
Di sana ada banyak sekali buku-buku ketrampilan lama yang bisa kita kemas ulang menjadi buku baru dengan kreatifitas yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar