Kamis, 02 Oktober 2014

5 W + 1 H

Just mengingatkan kembali pegangan kita dalam menyusun sebuah tulisan yaitu 5 W + H 

WHAT = apa yang akan kita tulis, di sini kita perlu menentukan tema ceritanya, fokus permasalahannya juga isi ceritanya bagaimana. 

WHO= Siapa tokoh sentral yang akan kita tulis dan siapa saja tokoh-tokoh pendukungnya, termasuk identitas si tokoh, ciri-ciri, watak serta latar belakang dan apa saja yang ia lakukan di dalam cerita. 

WHERE = Latar belakang serta lokasi kejadian, misalnya keunikan tempat, budaya serta ciri khas tempat tersebut 

WHEN = Kapan waktu kejadian terjadi. Point ini sangat penting ketika kita menulis sebuah tulisan berita sehingga kita perlu menuliskannya dengan jelas termasuk waktu, tanggal dan hari. Berbeda halnya ketika kita menulis fiksi, masalah waktu bisa meliputi zaman dulu atau zaman sekarang, bisa pagi atau malam hari harus kita gambarkan dengan jelas sebagai latar belakang cerita.

WHY= Alasan dan pesan yang akan kita sampaikan dalam tulisan kita. 

HOW = Berkaitan dengan cara dan apa yang kita lakukan dalam menulis. 

Untuk HOW ini ada beberapa hal yang bisa di perhatikan diantaranya : 

  1. Bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, jangan ada hal-hal yang menyesatkan dalam tulisan kita. 
  2. Tulisan kita bukanlah curhat semata, walaupun itu adalah tulisan inspirasi, sehingga jangan berlebihan menuliskan unsur subjektifitasnya sehingga orang akan cenderung menilai kita terlalu narsis. 
  3. Dalam menuliskan objek harus dibedakan porsinya ketika kita menulis fiksi dan non fiksi, ketika menulis fiksi jangan berlebihan menuliskan unsur objektifitas, tapi sebaliknya ketika kita menulis non fiksi justru kita perlu menggambarkan objek tulisan sejelas-jelasnya, apalagi jika itu menyangkut fakta faktual. 
  4. Menulislah tulisan yang layak dibaca oleh orang lain, kalau belum percaya diri mengirimkan tulisan kita ke media atau ke penerbit, mintalah teman yang bisa berpendapat secara jujur untuk membaca tulisan kita terlebih dahulu. 
  5. Ketika menulis fiksi romantis, hindari menuliskan secara vulgar karena kita juga harus bertanggung jawab terhadap tulisan kita sendiri. 
  6. Gunakan bahasa yang singkat padat dan jelas, hindari menuliskan dengan cara berputar-putar dan mengulang-ulang kata atau kalimat. 
  7. Menulislah hal-hal yang bermanfaat bagi orang banyak. 

Semangat pagi dan semangat menulis

0 komentar:

Posting Komentar