Jumat, 10 Oktober 2014

Berkunjung KeMuseum Tertua Di Indonesia


Jika kita datang ke kota Solo, maka tidak ada salahnya mengunjungi museum Radya Pustaka yang berada di Jalan Slamet Riyadi 275. Museum tertua di Indonesia tepatnya berada di sebelah taman hiburan Sriwedari. 


Kita bisa datang ke sini setiap hari kecuali hari senen. Kita bisa datang ke sini pada jam 8.30-14.30. Kecuali pada hari Jum'at, museum ini buka hingga pukul 11.30 saja. 

Tiket masuk ke sini juga murah yaitu Rp 2.500 saja. JIka kamu membawa kamera maka ada tiket kamera sebesar Rp 5.000. Di sini memang tidak ada pemandu, tapi kita bisa minta bantuan petugas yang ada di museum ini untuk menemani dan menjelaskan tentang koleksi yang ada di sini. 
Meriam Lela
Salah satu koleksi Museum Radya Pustaka 

Museum Radya Pustaka memang layak disebut sebagai museum pertama di Indonesia karena didirikan pada tanggal 28 Oktober 1890. Saat itu adalah pada masa pemerintahan Pakubuwono IX. Sedangkan pendirian museum ini dilakukan oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV. 

LOkasi pertama museum Radya Pustaka ini adalah di dalem kepatihan. Kemudian pada tanggal 1 Januari lokasi Museum ini dipindahkan ke gedung yang sekarang ini. 

Dulunya gedung Museum yang sekarang ini merupakan kediaman orang Belanda yang bernama Johannes Busselar. Saat menjadi kediaman orang Belanda tersebut gedung ini dikenal sebagai Loji Kadipolo. 

Museum ini sendiri berisi koleksi berbagai macam wayang, arca-arca serta patung batu erta uang kuno. Di sini juga ada berbagai koleksi perabotan makan kraton Solo, gamelan serta peralatan upacara yang sering digunakan di kraton Surakarta. 

Ada juga ruang perpustakaan yang berisi naskah-naskah kuno. Selain itu kita juga bisa menemui miniatur dari sanggabuana , makam imogiri serta masjid agung demak. 

0 komentar:

Posting Komentar