Selasa, 21 Oktober 2014

Catatan Sending NAskah

Dari namanya kita pasti akan tahu kalau Catatan Sending Naskah adalah sebuah catatan yang berisi tentang naskah-naskah yang kita kiirm, baik itu ke penerbit maupun ke media cetak. Dengan Catatan Sending Naskah (CSN) aja masih ada yang terlupa, apalagi kalau tidak punya CSN Di saat liburan kemaren, saya memang menyempatkan diri untuk membuka email, juga melakukan kegiatan kecil seperti merapikan catatan sending naskah. 

Secara kebetulan mata saya tertuju pada 4 bagian yang di hightlight warna biru. Ini adalah tanda yang saya berikan pada naskah yang belum saya selesaikan. Ini juga berarti ada 4 judul naskah yang belum saya selesaikan. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah tanggal disetujuinya naskah tersebut adalah awal bulan Juli. Itu artinya sudah lebih dari 6 yang lalu. 

Memang pada saat menerima surat persetujuan proposal naskah tersebut penerbit tidak mencantumkan dead linenya. Tentu saja ini bisa jadi bencana dan sekaligus bisa jadi anugrah karena saya menemukan harta karun yang terlupakan. INi bisa terjadi pada penulis manapun. Inilah pentingnya kita mempunyai catatan sending naskah. 

Dan sekarang yang akan saya lakukan adalah : 

1. Menelpon editornya untuk meminta maaf sekaligus menanyakan, apakah naskah saya masih bisa diterima lagi atau tidak. 

2. Jika masih bisa diterima maka saya akan menyelesaikan naskah tersebut dan mengirimkannya ke penerbit secepat mungkin. 

3.Ini berarti saya harus membuat jadwal ulang menulis di minggu terakhir bulan januari hingga beberapa minggu di bulan pebruari bahkan maret. 

4. JIka memang naskah saya sudah tidak bisa diterima lagi, maka saya akan membuat surat penarikan naskah. Ada beberapa alasan yang akan diberikan oleh penerbit jika mereka memutuskan untuk tidak menerima naskah saya lagi, diantaranya : 
*Kekosongan naskah saya ini telah diisi oleh penulis lain atau bahkan mungkin judul lain. 
*Naskah saya sudah tidak sesuai dengan kebutuhan judul buku yang ada sekarang. 

5. Setelah surat penarikan naskah disetujui oleh penerbit maka saya akan merapikan naskah tersebut dan mengirimkannya kepada penerbit lain. 

6. Bertanya pada seorang teman , software apa yang lebih tepat untuk saya, yang bisa saya gunakan untuk membuat catatan sending naskah. Berhubung sejujurnya saya gaptek, maka selama ini saya hanya membuat catatan sederhana pada exel.

0 komentar:

Posting Komentar