Rabu, 22 Oktober 2014

Membuat Cerita Anak Yang Seru

Sebuah cerita akan terasa biasa-biasa saja kalau akhirnya bisa ditebak. Ini bisa terjadi karena jalan ceritanya klise atau karakter tokohnya biasa-biasa saja. Lalu bagaimana caranya agar cerita yang kita buat menjadi seru dan pembaca akan penasaran dengan cerita tersebut. 

Untuk menghasilkan cerita yang seru bisa dilakukan dengan beberapa hal dibawah ini : 

  1. Menciptakan tokoh antagonis dengan karakter khas anak-anak dan kenakalan yang tidak berlebihan. Karena kenakalan yang berlebihan juga tidak akan mendidik. 
  2. Karakter tokoh protagoni dibuat sedikit bervarias. MAksudnya tidak melulu hanya memiliki sifat baik saja. Bisa saja tokoh protagonis ini memiliki sifat penakut yang justru bisa dibuat menjadi lucu.  
  3. Sisipkan kejadian-kejadian lucu atau misteri dalam cerita walaupun itu bukan cerita komedi atau cerita misteri. Rasa penasaran yang ada dalam cerita akan membuat pembaca ingin tahu lebih jauh tentang kelanjutan cerita. 
  4. Jika membuat cerita misteri, maka berilah petunjuk yang tersamar, karena cerita yang tanpa petunjuk sama sekali justru akan membuat pembaca bosan dan ceritanya menjadi aneh. 
  5. Akan tetapi petunjuk yang terlalu jelas juga tidak bagus karena pembaca akan mudah menebak ke mana arah jalan ceritanya. 
  6. Terkadang petunjuk yang menyesatkan akan bisa mengelabui pembaca di akhir cerita. Tapi perlu diingat bahwa petunjuk yang diberikan harus masuk akal ya. 
  7. Sebelum menulis pikirkan ending yang berbeda dengan cerita-cerita yang sudah ada, sukur-ukur kalau tidak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya, karena ending yang sudah sering ada akan dengan mudah ditebak oleh pembaca sehingga ceritanya jadi tidak seru lagi. 


0 komentar:

Posting Komentar