Minggu, 05 Oktober 2014

Menentukan waktu dan prioritas nulis

Saking semangatnya pagi ini sampai bingung mau mengerjakan yang mana dulu. Mungkin kamu pernah mengalami hal ini. 

Banyaknya konsep naskah yang dikirim akhir tahun lalu berimbas pada banyaknya konsep naskah yang disetujui tahun ini dan tentu banyak juga konsep naskah yang di tolak pada tahun ini. Ada dua pekerjaan yang harus dilakukan, menulis naskah lengkap dari konsep yang disetujui dan memperbaiki serta mengirim konsep naskah yang ditolak ke penerbit lain. 

Namun demikian kita harus punya prioritas utama. Berhubung dalam sehari hanya ada 24 jam, dan tentu saja tidak semua jam itu kita gunakan untuk menulis, maka kita harus pandai-pandai membagi waktu. 

Berikut yang biasa saya lakukan setiap hari berkaitan dengan kegiatan menulis: 

  • Menentukan prioritas utama dengan membuat jadwal mingguan serta bulanan. 
  • Setiap malam, atau paling lambat pagi memprediksi berapa banyak waktu yang tersedia untuk menulis pada keesokan harinya . 
  • Bersamaan dengan memprediksi waktu yang ada juga memprediksi berapa banyak prioritas utama yang bisa dilakukan pada hari itu dengan membuat jadwal harian. 

Hope ini bisa jadi inspirasi untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk menulis. Ketika kamu ingin menjadi penulis, maka hal utama yang harus kamu lakukan adalah menulis, menulis dan menulis, walaupun itu hanya menulis status atau daftar belanja sekalipun. 

Semakin sering jari ini digunakan untuk menulis, maka ia akan menjadi ketagihan dan terus meminta untuk menulis dengan sendirinya. ................♥♥♥ 

*edisi ketergantungan nulis.

0 komentar:

Posting Komentar