Senin, 20 Oktober 2014

Re-Write / Menulis Ulang Buku Non fiksi

Kebetulan kali ini aku sedang mempersiapkan penulisan buku craft, jadi terpikir untuk menulis postingan ini juga. Sama halnya dengan buku non fiksi yang lain, maka buku craft ini idenya banyak saya ambil dari beberapa web luar negeri dan juga buku-buku lama yang saya daur ulang kembali. 

Tentu saja ini bukan plagiat lho, karena ini bukan copy paste. Tapi memang pada dasarnya semua jenis buku nonfiksi merupakan hasil dari penulisan kembali (re-write) dari beberapa sumber yang telah kita kumpulkan. 

Bahkan ada ketentuan dari Pusat Perbukuan bahwa salah satu kriteria penilaian buku non fiksi adalah mencantumkan daftar pustaka, bahkan jumlah daftar pustaka yang kurang akan menyebabkan buku kita tidak lolos dalam penilaian, itu artinya, buku kita akan gagal masuk dalam daftar buku yang akan dipesan oleh proyek-proyek kementrian Dikbud. Itu artinya kesempatan kita mendapatkan royalty akan hilang. 

Adabeberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika melakukan re-write agar kita tidak dianggap sebagai plagiat. 
1.Membuat konsep baru dari beberapa jenis buku yang judulnya hampir sama. 
Misalnya : ada banyak buku tentang menanam buah dalam pot. Maka kita masih bisa kok menulis buku yang sama dengan konsep yang berbeda, seperti : menanam buah dalam pot secara komersial. 

2.Menuliskan dengan bahasa kita sendiri. 
Kita boleh mengambil sumber dari manapun, tapi kita harus menuliskan kembali dengan bahasa kita sendiri. 

3.Copy paste boleh dilakukan jika itu merupakan sebuah teori yang baku. 
Copy paste paragraf atau kalimat ini harus disebutkan sumbernya atau nama orang yang menyebutkan teori tersebut pada akhir atau di awal kalimat. Tulisan ini juga biasanya dicetak miring, untuk membedakan dengan tulisan yang lain. 

4.Kreasi serupa tapi tak sama. 
Ini biasanya terjadi pada penulisan buku ketrampilan. Misalnya kita melihat sumber yang menampilkan kreasi bantal flanel dengan motif binatang. Maka kita bisa membuat buku tentang bantal flanel dengan motif tanaman atau makanan atau yang lainnya. Kemudian kita foto dan kita beri naskah dengan bahasa kita sendiri tentunya. 

Selamat mencoba, dan jangan takut menulis kembali karena itu bukan plagiat. Karena setiap orang akan mempunyai konsep berbeda. Dari sebuah judul yang ada di dunia ini, bisa dikembangkan menjadi jutaan konsep dari jutaan orang yang berbeda, karena isi otak setiap manusia tidak akan pernah sama. 

 Have a wonderfull day ...............♥

0 komentar:

Posting Komentar