Kamis, 09 Oktober 2014

Selat Solo HIdangan Ala Eropa Rasa Jawa

Sekilas jika melihat penampakan Selat Solo kita akan teringat pada hidangan ala Eropa yaitu Beef Steak. Jadi jangan heran kalau ada yang bilang bahwa Selat Solo adalah Bistik Jawa. 

Kita bisa dengan mudah menjumpai rumah makan atau warung makan yang menjual Selat Solo ini di kota Solo. Ini karena Selat Solo sudah menjadi salah satu hidangan favorit dan khas Solo. 

Dalam satu porsi selat Solo kita bisa menjumpai irisan sayuran rebus seperti buncis dan wortel. Sayuran mentah seperti daun selada juga seringkali ditambahkan. Ada juga yang menambahkan acar mentimun sebagai pelengkapnya. 

Ada juga kentang goreng atau kadang diganti dengan kripik kentang. Daging yang dipakai bukanlah daging utuh melainkan daging cincang yang dibuat rolade. 

Penambahan telur juga sudah dimodifikasi. Ada telur yang dicetak dalam wadah berbentuk bunga kemudian dikukus. Ada juga yang menambahkan telur pindang berwarna kecoklatan. 

Yang menjadi ciri khas masakan Eropa adalah ditambahkan mayonese. Jika Beef steak menggunakan saus yang kental, maka selat Solo ini menggunakan saus encer mirip kuah. Kuah ini rasanya manis dengan bumbu Jawa yang khas. Sekilas rasa kuah ini mirip dengan semur.

Selat Solo ini memang awalnya dulu ada pada masa penjajahan Belanda. Ini terbukti dengan penambahan mayonese dan kecap Inggris pada masakan Selat Solo. 


0 komentar:

Posting Komentar