Minggu, 09 November 2014

Akibat Keserakahan Si Anjing

Anjing-anjing kelaparan sering kali berkeliaran mencari makan untuk dirinya sendiri maupun untuk keluarganya. Terkadang karena tidak memperoleh mangsa hasil buruannya, mereka ada yang mencuri hasil buruan hewan lainnya. 

Suatu hari seekor anjing berhasil mencuri sebongkah daging. Setelah berhasil mencari, ia pun melarikan diri melewati tepian sungai. Anjing itu tidak ingin membagi dagingnya kepada hewan lain. Ia ingin menikmatinya seorang diri. 

Ketika melewati sungai, ia melihat bayangannya sendiri. Anjing mengira bayangan itu adalah anjing lain yang juga membawa daging. 

“Hmm… pasti aku akan sangat kenyang dan mempunyai persediaan makanan jika daging yang dibawa anjing itu aku rebut,” pikir anjing dengan liciknya. Ia serakah ingin menguasai semuanya. 

Demi memenuhi nafsunya itu ia pun menyerang anjing di dalam air. Ia tidak menyadari bahwa anjing dalam air itu adalah bayangannya sendiri.  

Angan-angan anjing memiliki dua bongkah daging menjadi sirna, ditambah sial baginya, daging yang sudah dalam genggamannya malah hanyut terbawa arus sungai. Anjing harus menerima nasib tidak memiliki makanan sedikitpun akibat keserakahannya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar