Minggu, 02 November 2014

Catatan Membuat Tokoh yang Menarik



Sudah lebih dari 8 tahun yang lalu saya membaca buku berjudul " The Secret of Paltform 13" sebuah novel fantasi karya Eva Ibbotson. Namun sampai hari ini saya masih selalu teringat pada tokoh dan settingnya yang unik, ....sebuah pulau yang indah di bawah tanah yang merupakan kerajaan yang dihuni oleh orang2 unik yang luar biasa 

Dari beberapa novel dewasa maupun novel anak-anak yang pernah saya baca , maka bisa dicatat pelajaran yang bisa diambil oleh penulis supaya pembaca menjadi terkesan, diantaranya : 

  1. Tokoh utamanya imajinatif , misalnya manusia dengan kepandaian biasa-biasa saja yang hidup diantara orang-orang tidak biasa bahkan luar biasa atau sebaliknya. 
  2. Tokoh merupakan hal utama yang bisa membuat pembaca betah dan penasaran untuk membaca lebih banyak lagi setiap bagian yang ada dalam novel, oleh karena itu tokoh harus menarik atau unik. Hal ini bisa di tampilkan melalui pikiran, bentuk tubuh maupun isi pikiran. 
  3. Tokoh yang kita ciptakan harus mempunyai roh sehingga kita perlu menampilkan secara detail tentang watak, keinginan, ketakutan, hasrat dan lain-lainnya. Penampilan ini bisa juga untuk memberikan alasan bagi tindakan tertentu yang dilakukan oleh si tokoh. 
  4. Dalam menggambarkan gerak si tokoh, akan lebih baik jika kita melibatkan beberapa atau semua indera, seperti mata, hidung, mulut, tangan dll. Tentu saja harus disesuaikan dengan cerita yang ada. 
  5. Cerita akan lebih menarik jika digambarkan secara detail, dari pada hanya menuliskan kata sifatnya saja.

0 komentar:

Posting Komentar