Kamis, 06 November 2014

Kaledo Palu



Kaledo merupakan salah satu makanan khas Palu Sulawesi Tengah. Makanan yang satu ini harus dinikmati selagi panas. Karena jika sudah dingin, maka sumsum yang berada di dalam tulang akan mengental dan rasanya tidak enak. Kaledo enak dinikmati dengan nasi atau singkong rebus. 

Selain tulang sapi yang dinikmati sumsumnya, kuah Kaledo juga bisa diisi dengan kikil atau daging sapi. Kuah kaledo ini rasanya asam dan pedas, seperti layaknya masakan khas Palu lainnya. 

Pedagang Kaledo biasanya akan membuat air asam yang disimpan dalam jumlah banyak di dalam botol. Air asam ini akan dipakai sedikit demi sedikit sesuai dengan jumlah masakanannya. Air asam ini dibuat dengan cara merebus asam beserta kulitnya hingga air mendidih. Kemudian hancurkan asam dengan sendok dan disaring, ambil airnya.

Atau jika akan memasak skala rumah tangga, asam jawa bisa dibungkus dengan plastik kemudian ikut di rebus bersama daging. Setelah air mendidih, asam di ambil dan dihansucrkan dengan sendok. Saring dan masukkan airnya ke dalam rebusan daging.   

Bahan : 

  • Tulang sumsum /daging/ kikil
  • Air 

Bumbu :

  • Cabe rawit hijau di tumbuk halus
  • Air asam

Cara membuat 

  1. Rebus daging atau tulang atau kikil hingga empuk.
  2. Didihkan air kaldu bersama asam dan cabe rawit, gunakan sebagai kuah kaledo. 


This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar