Sabtu, 22 November 2014

Menjadi Book Conceptor

Semangat pagi .... happy writing, di pagi yang cerah penuh cinta ...............♥♥♥ 

Menulis memang sangat menyenangkan. Siapa bilang penulis tidak ada jenjang profesinya. Jika kalian sudah merasa "Senior" di bidang menullis, maka tidak ada salahnya jika melirik jenjang sebgai "Book Conceptor" atau Konseptor buku. 

Book conceptor, sebuah jenjang yang setingkat lebih tinggi dari penulis sebenarnya, tapi penulis sebenarnya juga harus membiasakan diri melakukan hal ini sejak dini. (*jadi siapa bilang karir menulis tidak bisa meningkat ke jenjang yang lebih tinggi) 

Ini adalah gambaran apa saja tugas seorang book conceptor: 
1. Membuat proposal naskah yang menjual, bukan hanya judul, tapi lebih dipikirkan kepada pemasarannya. Maksudnya buku yang kita tulis memang diperlukan oleh orang banyak dan akan mudah dipasarkan oleh tim marketing penerbit. 
2. Jika diperlukan bisa juga membuat strategi marketing untuk membantu meningkatkan penjualan buku (ini kalau diperlukan lho, karena promosi yang dilakukan oleh penulis sifatnya hanya membantu tim marketing saja). 
3. Mengelola Manajemen waktu penulisan dengan baik, sehingga buku yang kita hasilkan bisa terbit tepat waktu, apalagi kalau buku tersebut memang dipersiapkan untuk sebuah event tertentu dimana pada event tersebut kemungkinan besar merupakan saat penjualan terbanyak, misalnya menulis buku tentang cinta untuk diterbitkan menjelang momen valentine. 
4. Mengkoordinir team menulis, team ini bisa terdiri dari co writer, ilustrator, fotografer dan beberapa pihak yang akan ikut berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung. Jumlahnya tergantung dari kebutuhan. 
5. Berkoordinasi dengan editor sampai buku tersebut naik cetak. 

Hope ini bisa jadi inspirasi hari ini untuk jadi penulis profesional ya ..... yuk, nulis lagi .....♥♥♥

0 komentar:

Posting Komentar