Kamis, 06 November 2014

Nasi Goreng , Makanan Terlezat Di Dunia


Nasi goreng kini dikenal sebagai masakan nasional Indonesia. Awalnya nasi goreng memang merupakan masakan tradisional Tionghoa. Menurut catatan sejarah, nasi goreng sudah ada sejak 4000 SM. MAsakan ini disebarluaskan oleh para pelaut Tionghoa ke berbagai daerha di Asia Tenggara. 

Berdasaran polling CNN tahun 2011, nasi goreng berada di peringkat kedua dalam daftar 50 Makanan terlezat di dunia. Pada urutan pertama adalah rendang. 

Awalnya nasi goreng ini dibuat oleh orang Tionghoa karena sifatnya yang hemat. Orang-orang tionghoa tersebut tidak mau membuang nasi yang berlebih. Nasi itu kemudian digoreng dan ditambahkan bumbu sehingga bisa menjadi hidangan baru yang bisa dimakan. 

Yang namanya nasi goreng itu variasinya ada beragam. Variasi ini mulai dari bumbu juga isi. Ada nasi goreng pete ada nasi goreng teri atau nasi goreng kambing. Ketiganya sama-sama nasi goreng hanya beda di isi. 

Bumbu yang dipakai untuk nasi goreng juga bervariasi. Ada nasi goreng kari, nasi goreng terasi, nasi goreng Aceh, nasi goreng Jawa dll. Tapi yang pasti ada dalam bumbu nasi goreng adalah bawang merah dan bawang putih juga garam. 

Bumbu lain yang sering ditambahkan adalah cabe dan tomat. Penambahan saus juga sering dilakukan terutama kecap. 

Nasi goreng biasa disajikan bersama telur. Baik itu yang didadar atau dibuat ceplok (mata sapi). Sayuran segar juga acar uga bisa ditambahkan dalam nasi goreng. Begitu juga dengan kerupuk. 

0 komentar:

Posting Komentar