Rabu, 05 November 2014

Referensi Itu Penting Sebelum Menulis

Seseorang yang banyak membaca itu akan memiliki banyak ilmu pengetahuan. Ketika seseorang yang banyak membaca itu menulis, maka tulisan yang dihasilkannya pun akan memberikan banyak ilmu pengetahuan bagi pembacanya. Sangat mustahil rasanya jika seseorang yang tidak membaca bisa menghasilkan tulisan yang baik. 

Sebelum menulis memang sebaiknya kita membaca hal-hal yang ada hubungannya dengan tulisan yang akan kita tulis. Ini supaya tulisan kita tidak terasa garig. Coba bayangkan bagaimana membosankannya tulisan kita jika isinya hanyalah seputar keluh kesah atau curhat si penulisnya saja. 

Referensi sebenarnya bukan saja bisa didapat dari bahan bacaan saja. Kita juga bisa mewawancarai seseorang untuk mendapatkan referensi tentang hal-hal yang akan kita tulis. Misalnya saja kita akan menulis tentang kehidupan seorang pembalap, maka kita bisa mewawancarai si pembalap dan mencatat apa saja yang diceritakan oleh nara sumber yang kita wawancarai itu. 

Referensi juga bisa diperoleh dari internet. Kita bisa mencari tahu tentang kehidupan Suku-Suku yang tinggal di Lembah balliem tanpa kita harus datang langsung ke sana. Dari internet, kita bisa mendapatkan banyak sekali data dan foto yang bisa kita jadikan referensi dari cerita yang akan kita tulis. Tapi tentu saja hasilnya akan jauh lebih baik jika kita datang langsung ke Lembah BAlliem dan mengamati langsung kehidupan masyarakat di sana. 

Ada banyak cara mendapatkan referensi. Tapi tentu saja membaca masih menjadi hal utama untuk mendapatkan referensi bagi tulisan yang akan kita buat. Semakin banyak yang kita tahu, maka semakin banyak yang bisa kita ceritakan pada pembaca. 


0 komentar:

Posting Komentar