Kamis, 06 November 2014

Sejarah Baso Malang


Disebut sebagai Baso Malang karena baso ini awalnya memang dari Malang. Yang membedakan baso malang dengan baso biasa adalah isi mangkuknya. Dalam mangkok baso malang selain baso yang dibuat dari daging sapi juga dilengkapi beragam isian lainnya. Seperti misalnya kerupuk pangsit, siomat, tahu yang diisi adonan baso juga baso goreng. 

Kuah yang digunakan untuk baso Malang sama juga dengan baso biasa. Gurih dan asin serta segarnya kuah baso yang membuat para penggemar baso selalu ketagihan. 

HAdirnya baso Malang tidak lepas dari pran Abah Sugito. Beliau menjajakan baso keliling sejak tahun 1977. Hingga akhirnya ia mendirikan warung baso di belakang gedung bioskop President Malang. Warung Baso itu pun hingga kini dikenal dengan naam President. Walaupun gedung bioskop tersebut sudah berganti menjadi Departemen Store sejak tahun 1990. 

Bakso Malang Asli buatan Abah Sugito terdiri dari empat isian yaitu mie kuning, tahu, siomay basah atau kering. Kini baso malang sudah berkembang dan isinya pun bervariasi. Dengan keberhasilan Abah Sugito inilah kemudian ada beberapa orang di kota Malang yang memulai usaha baso malangnya.  

0 komentar:

Posting Komentar