Minggu, 02 November 2014

Tips Praktis Menulis Cerita Anak

Ada yang bilang kalau menulis cerita anak itu gampang-gampang susah. Tapi yang pasti menulis cerita anak berbeda dengan menulis cerita untuk orang dewasa. Baik itu dari bahasanya maupun ide cerita yang kita angkat. Berikut ini adalah tips agar kalian bisa menulis cerita anak, baik itu cerita pendek maupun novel anak: 

  1. Agar kita tidak kehilangan ide, ada baiknya kalau kita selalu membawa buku catatan. Kita tidak pernah tahu bukan kapan ide itu akan datang. Jadi kalau tiba-tiba ide datang kita bisa mencatatnya agar tidak hilang begitu saja. 
  2. Perhatikan karakter orang-orang sekitar. Catatlah karakter mereka, maka kamu akan memiliki beberapa karakter yang akan berguna dalam cerita kamu nantinya. 
  3. Buatlah catatan konflik dan penyelesaiannya. 
  4. Buat juga alur cerita yang berisi kejadian-kejadian awal, tengah hingga akhir cerita. 
  5. Ketika kamu sudah mulai menulis, buatlah dialog yang seimbang dengan narasi yang kita tulis. Yang perlu diingat adalah jangan membuat dialog yang tidak penting apalagi dialog yang mengulangi narasi.
  6. Selesaikan satu cerita, bau lanjut ke cerita lain. Jika kalian tiba-tiba menemukan ide baru ketika menulis cerita, maka tulislah ide itu dalam catatan ide terlebih dahulu. Baru nanti setelah cerita yang sedang kita tulis selesai, maka kita bisa menulis cerita lain dari ide yang kita temukan tersebut. 
  7. Membaca itu penting., karena dengan membaca maka pengetahuan kau akan semakin luas dan tulsian kamu menjadi berkualitas. 


0 komentar:

Posting Komentar